Efektivitas Model Pembelajaran Novick dalam Pembelajaran Kimia Kelas XII IA2 SMAN 1 Donri-Donri (Studi pada Materi Pokok Gugus fungsi)

Najmawati Sulaiman(1*),

(1) Alumni ICP Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v13i2.629

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas model pembelajaran Novick dalam pembelajaran kimia kelas XII IA2SMA Negeri 1 Donri-Donri. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IA2 SMA Negeri 1 Donri-Donri tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan angket motivasi siswa kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata seluruh siswa sebesar 77.00, persentase ketuntasan kelas sebesar 86% dan persentase ketuntasan indikator sebesar 65.52%, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Novick cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran kimia kelas XII IA2 SMA Negeri I Donri-Donri pada materi pokok gugus fungsi.

Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Novick, Hasil Belajar Siswa

ABSTRACT

This reseach is descriptive research that aims to description of the effectiveness of Novick Learning Model in Learning Chemistry at class XII IA2 grade students in SMA Negeri 1 Donri-Donri. The subject are class XII IA2in SMA Negeri 1 Donri-Donri, 2012-2013 academic year which consist of 29 students. Data is obtained from student outcome test, observation sheet of student activity, and questionnaire of student motivation and the was analysed by desriptive statistic. Descriptive analisys result show that the mean value of students is 77.00, persentage of class completeness is 86% and persentage of indicator completeness about 65.52%, so it can be concluded that Novick instructional Model positive was enough effective to be implemented in learning chemistry at class XII IA2 SMA Negeri 1 Donri-Donri at functional group as a subject matter.

Keywords: Effectiveness, Novick Learning Model, Student’s Outcome


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1442 times | PDF view : 897 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 1411-6502

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica_unm@yahoo.co.id