Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Kimia untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Kelas XII Pertanian SMKN 1 Watang Pulu Sidrap

Hasnawati Nurdin(1*),

(1) Guru SMK Neg 1 Watang Pulu Sidrap
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v13i2.622

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode tutor sebaya yang dapat peningkatan self-efficacy, dengan obyek penelitian siswa kelas XII Pertanian SMKN 1 Watang Pulu dengan jumlah siswa 15 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dengan empat kali tindakan atau pertemuan pembelajaran dan siklus II dengan tiga tindakan. Hasil analisis  data dilakukan dengan observasi, pemberian angket dan tes hasil belajar. Menunjukkan bahwa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya untuk meningkatkan self-efficacy sebaiknya memperhatikan jumlah anggota dalam satu kelompok, memperhatikan jumlah tutor dan anggotanya, memperhatikan pengaturan tempat duduk dalam satu kelompok.

Kata kunci: metode tutor sebaya, self-efficacy

ABSTRACT

This study is classroom action research to determine the steps of implementing peer teaching that can increase self-efficacy, with the object of research was class XII Agriculture SMKN 1 Watang Pulu by the number of students 15 men and 10 women. This class action research concist of two cycles, the first cycle was four meetings and the second cylcle was three meetings. The results of the data analysis was done by observation, questionnaires and achievement test. Menunjukkan bahwa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya untuk meningkatkan self-efficacy sebaiknya memperhatikan jumlah anggota dalam satu kelompok, memperhatikan jumlah tutor dan anggotanya, memperhatikan pengaturan tempat duduk dalam satu kelompok.It showed that peer teaching method to increase self-efficacy should be consider the number of members in a group, the number of tutors and the arrangement of seats in a group.

Keywords: peer teaching method, self-efficacy

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 956 times | PDF view : 624 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id