Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Kimia SMP Berbasis Kontekstual pada Materi Pokok Bahan Kimia di Rumah

Darminto .(1*), Sumiati Side(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v13i1.599

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan  mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Kimia SMP berbasis kontekstual  pada  materi pokok bahan kimia di rumah yang layak, praktis dan efisien untuk digunakan. Model pengembangan mengacu pada model Plomp. Hasil validasi menunjukkan bahwa kepraktisan berdasarkan angket persepsi dari empat orang guru IPA SMP memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran  yang dikembangkan dan setuju bahwa perangkat tersebut lebih membuat kelas menjadi termotivasi untuk belajar. Persepsi dari 28 siswa terhadap perangkat dan model pembelajaran pernyataan positif 81,88%  rata-rata  (kategori praktis). Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran maupun model pembelajaran berbasis  kontekstual praktis dan layak untuk digunakan. Uji coba terbatas pada SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa siswa kelas VIIIb dengan pretest dan postest diperoleh jumlah siswa yang tuntas 79,3% dan 20,7% tidak tuntas. Hasil pengujian dengan SPSS for Windows 15,0 dengan uji t ditemukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: Perangkat  Pembelajaran,  CTL, Bahan Kimia di rumah.

ABSTRACT

The aimed of this research is developing a Science chemistry learning tools for SMP based on contextual of chemicals topic at home indeed proper, practical, and efficient. Model refers to the Plomp Development model. Validation results contain that the practicality based a perception questionnaire from the four  science teachers of SMP responded positively to the learning tools were developed and agreed that such devices are motivated to learn. The perception of 28 students to the tools and learning models positive statement 81.88% on average (practical class). This shows that the learning tools and the learning model based on practical contextual are feasible to use. The limited trial to SMP 1 Sungguminasa District. Gowa grade students with pretest and posttest VIIIb obtained the number of students who completed 79.3% and 20.7% did not complete. Test with SPSS for Windows 15.0 by t test found that the significant value of 0.000 means the learning tools was developed are affective to use.

Keywords: Learning Tools, CTL, Chemicals at home

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 399 times | PDF view : 784 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id