Pengaruh Tugas Rumah dalam Model Pembelajaran Aktif Tipe QuiZ Team (AL TQT)Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bengo (Studi Materi Pokok Ikatan Kimia)

Sulis Astriani(1*), Netti Herawati(2), Muhaedah Rasyid(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i2.4687

Abstract


ABSTRAK
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah dalam model pembelajaran active learning type quiz team terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Bengo. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran active learning type quiz team dengan pemberian tugas rumah (resume) di kelas eksperimen dan model pembelajaran active learning type quiz teamtanpa pemberian tugas (resume) di kelas kontrol, serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok ikatan kimia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1Bengo yang berjumlah 3 kelas, sedangkan Sampel penelitian yang digunakan 2 kelas, dipilih menggunakan teknik random atau mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang.Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi ikatan kimia berupa post-test yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda diakhir pertemuan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensialdengan bantuan SPSS V22. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada hasil belajar siswa menghasilkan pvalue< 0,05 yaitu 0,000. Hasil uji-t membuktikan bahwa pemberian tugas rumah dalam model pembelajaran active mpada materi ikatan kimia.
Kata Kunci: Tugas rumah, active learning, quiz team, hasil belajar, ikatan kimia

ABSTRACT
This study was a quasi-experimental research aimed to determine the effect of Homework In Active Learning Model Type Quiz Team In The Result Of Student Learning Class X SMAN 1 Bengo. The independent variablein this study is a active learning type of quiz team by giving homework in class experiments and models active learning of type quiz team without giving tasks in the control class, as well as the dependent variable is the learning achievement of students in the subject matter of chemical bonds. The population of this research is class X of SMAN 1 Bengo, amounting to 3 classes, the study sample consisted of two classes of class XMIA1 as a experiment class with the number of students 29 people and students of class XMIA2 as a control class with the number of 29 people. The research data obtained by giving test results to learn the material in the form of chemical bonding that the post-test consisted of 25 multiple-choice items at the end of the meeting. Data analysis used descriptive and inferential statistic by SPSS V22. Hypothesis test by t test of student’s achievement shown pvalue< 0,05 was 0.000. T-test results prove that the giving homework active learning model type quiz team has positive influence onthe results of class X student of SMAN1Bengo studies on chemical bonding material.
Keyword : Homework, active learning, quiz team, achievement, chemical bonding


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id