Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Kimia melalui Model Pembelajaran Scramble Kelas XI Desain Grafika 1 (DG 1) SMK Negeri I Pallangga Kabupaten Gowa

Zaenab Zaenab(1*),

(1) SMK Negeri 1 Pallangga Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i2.4682

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas XI DG 1 SMK Negeri 1 Pallangga Kab.Gowa tahun pelajaran 2015/2016 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran scramble pada pokok bahasan Sistem Koloid. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI DG 1 SMK Negeri 1 Pallangga Kab.Gowa yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar kimia setiap akhir siklus, pedoman angket dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kimia peserta didik kelas XI DG 1 SMK Negeri 1 Pallangga Kab.Gowa yang mengikuti mata pelajaran dengan penerapan model pembelajaran scramble pada siklus I adalah 71,09 dengan ketuntasan belajar 58,1%, sedangkan pada siklus II adalah 87,03 dengan ketuntasan belajar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble ini dapat meningkatkan hasil belajarpeserta didik pada mata pelajaran kimia kelas XI DG 1 SMK Negeri 1 Pallangga Kab.Gowa.
Kata kunci : Model pembelajaran scramble, Penelitian tindakan kelas, Hasil belajar

ABSTRACT
The purpose of this study is to determine learning outcomes of eleventh grade students in chemistry subjects using scramble learning model in colloid system of Desain Grafika 1 (DG 1) academic year 2015/2016 SMKN 1 Pallangga, Gowa. The subject of this classroom action research is 31 students of eleventh grade of Desain Grafika 1 (DG 1) SMKN 1 Pallangga Gowa. Learning outcome data is obtained using test at the end of each cycle, questionnaires and observation method, then analyzed using qualitative and quantitative descriptive statistic. The results show student’s mean score of learning outcomes in chemistry that attend class with scramble learning model in the first cycle is 71.09 with 58.1% learning completeness,while in the second cycle is 87.03 with 100% learning completeness. It can be concluded that the application of scramble learning model can improve student’s learning outcomes in chemistry of Desain Grafika 1 (DG 1) academic year 2015/2016 SMKN 1 Pallangga, Gowa
Keywords: Scramble learning model, Classroom action research, Learning outcome


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 249 times | PDF view : 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id