Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Melalui Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Kimia Siswa Kelas VIII SMPN 30 Makassar (Studi pada Materi Pokok Bahan Kimia)

Niluh Asriniasih(1*), Sugiarti Sugiarti(2), Netti Herawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v15i1.4599

Abstract


ABSTRAK
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif model pembelajaran learning cycle 5E melalui pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA kimia siswa kelas VIII SMPN 30 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 pada materi pokok bahan kimia. Sampel penelitian adalah kelas VIII9 untuk kelas eksperimen dan kelas VIII5 untuk kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 40 orang. Kelas ekperimen diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E melalui pendekatan kontekstual dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung>ttabel = 4,88>1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5E melalui pendekatan kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 30Makassar pada materi pokok bahan kimia.
Kata kunci: Learning cycle 5E, Pendekatan kontekstual, Hasil belajar, Bahan kimia

ABSTRACT
The aim of this quasi experiment research is to find out the postive effects ofLearning Cycle 5E ModelThrough Contextual Approach To Student’s Achievement of ClassVIII SMPN30 Makassareducation year 2013/2014(study on chemical substance). The research samples are class VIII9 for experiment class and class VIII5 for control class which consist of 40 students in each class. Experiment class is taught by learning cycle 5E model through contextual approach and control class is taught by convensional model. The research procedure consists of three phases are preparation phase, implementation phase, and evaluation phase. Data of research is obtained from objective test which consists of 20 items multiple choice. Data is analyzed by descriptive and inferential statistical. The hypothesis test result with using t test shows that tmathematics> ttable = 4,88>1,67, so it can be concluded that Learning Cycle 5E ModelThrough Contextual Approachgives positive effect to student’s achievementof classVIII SMPN30 Makassar on chemical substance.
Keywords: Learning cycle 5E, Contextual, Achievement, Substance Chemical


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 347 times | PDF view : 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id