Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Bungoro (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia)

Ade Fitriani(1*), Muhammad Danial(2), Mohammad Wijaya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v15i2.4598

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi pada model discovery learning terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Bungoro pada materi pokok ikatan kimia. Desain penelitian ini adalah “Posttest-Only Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Bungoro yang terdiri dari 5 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random kelas dan terpilih kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini, variabel bebasnya terbagi atas dua yaitu model discovery learning dengan penggunaan media animasi dan model discovery learning tanpa penggunaan media animasi sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar kimia peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Bungoro pada materi pokok Ikatan Kimia. Data hasil penelitian diperoleh dengan pemberian Tes Hasil Belajar sebanyak 20 nomor jenis pilihan ganda yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Deskripsi hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 65,44 dan kelas kontrol adalah 56,18. Ketuntasan untuk kelas eksperimen adalah 45,16% dan kelas kontrol 21,21%. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 dengan nilai thitung 2,55 lebih besar t(0,05)(62) 1,669 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media animasi pada model discovery learning terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Bungoro.
Kata kunci: Animasi, Discovery Learning, Ikatan Kimia

ABSTRACT
This study is a quasi-experimental research aimed to determine the effect of animation media on the discovery learning models to chemical learning achievment of students of class X MIA SMA Negeri 1 Bungoro in the subject matter of chemical bonds. The research design is "Posttest-Only Control Design". The population are all students of class X MIA SMA Negeri 1 Bungoro which consists of 5 classes. Sampling is selected by randomly and class X MIA 3 as the experimental class and X MIA 2 as the control class. In this study, the independent variables are divided into two, namely a discovery learning models using animation media and discovery learning models without animation media while the dependent variable is the learning achievnent. Data were obtained by Tests Learning Achievment as many as 20 numbers that have been validated. Data are analyzed using descriptive statistics and hypothesis testing. Description of the study of students showed an average value for the experimental class is 65,44 and the control class is 56,18. The completeness of the experimental class is 45,16% and the control class is 21,21%. The results of hypothesis testing indicate tcount of 2,55 better than t(0,05)(62) of 1,669; there is a positive influence of the animation media on discovery learning models to chemical learning achievment of students of class X MIA SMA Negeri 1 Bungoro.
Keywords: Animation, Discovery learning, Chemical bonding


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 775 times | PDF view : 859 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id