Pengaruh Metode Scientific Reasoning Assignment Pada Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Penguasaan Konsep Larutan Asam Basa (Studi Pada Peserta Didik Kelas XI di SMAN 5 Makassar)

Nur Hasanah Jusman(1*), Alimin Alimin(2), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v15i2.4590

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Scientific Reasoning Assignment (SRA) pada model pembelajaran LC 7E terhadap penguasaan konsep larutan asam basa pada peserta didik kelas XI di SMAN 5 Makassar. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara random yakni kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 orang. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda beralasan sebanyak 15 nomor yang telah divalidasi isi dan validasi item. Hasil analisis menunjukkan nilai posttest rata-rata kelas eksperimen adalah 64.58 dan kelas kontrol 49.21, peningkatan penguasaan konsep (N-gain) rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 0.61 dan kelas kontrol adalah 0.44. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-U (Mann-Whitney) menghasilkan Zhitung < Ztabel = -3.73 < 1.96 pada α ═ 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep larutan asam basa peserta didik yang dibelajarkan menggunakan metode SRA lebih tinggi daripada peserta didik yang dibelajarkan tanpa metode SRA pada model pembelajaran LC 7E. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan SRA pada model LC 7E pada peserta didik kelas XI di SMAN 5 Makassar terhadap penguasaan konsep larutan asam basa.
Kata kunci: Scientific Reasoning Assignment, LC 7E

ABSTRACT
This research was a quasi-experimental research aimed to determine whether or not the effect using of Scientific Reasoning Assignment (SRA)on LC 7E learning model for acid-base solution concept mastery in class XI student at SMAN 5 Makassar. Samples consist of two classes randomly selected was class XI MIA 2 as an experimental class and class XI MIA 1 as the control class with 36 numbers of people. Data collection was done by a pretest and posttest. The tests used are 15 items of multiple-choice tests reasoned that have been validated content and items. The analysis shows the posttest average value for experimental class is 64.58 and 49.21 for control class, increasing concept mastery (N-gain) for experimental class is 0.61 and control class is 0.44. The results of hypothesis testing used U-test (Mann-Whitney) is Zcount < Ztabel = -3.73 < 1.96 at α ═ 0.05. These results indicate that students’ acid-base solution concept mastery learned using SRA methods higher than students learned not using SRA method in LC 7E model. Thus, there is the effect using of SRA on LC 7E learning model in a class XI student at SMAN 5 Makassar toward acid-base solution concept mastery.
Keywords: Scientific Reasoning Assignment, LC 7E


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id