Pengaruh Modifikasi Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Motivai Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Bulukumba (Studi Sub Topik Unsur, Senyawa, Campuran dan Asam, Basa, Indika

Dewi Wahyuni(1*), Viyayanti Indah Arsih(2), Yasmawati Basri(3),

(1) SMP Negeri 3 Bulukumba, Jalan WR Supratman, Kab.Bulukumba. kode pos
(2) SMP Negeri 3 Bulukumba, Jalan WR Supratman, Kab.Bulukumba. kode pos
(3) SMP Negeri 3 Bulukumba, Jalan WR Supratman, Kab.Bulukumba. kode pos
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v16i2.4580

Abstract


ABSTRAK

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan (1) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STADM dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada materi asam, basa, garam dan unsur, senyawa, campuran (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dengan peserta didik yang memiliki motivasi  rendah pada materi asam, basa, garam dan unsur, senyawa, campuran (3) mengetahui perbedaan antara model pembelajaran dan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2, dengan populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bulukumba tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VII/1, VII/2 dan VII/3 yang terdiri atas 89 orang. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas  VII / 1 dan VII / 3 yang dipilih secara random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian dua arah GLM Univariat dengan bantuan program SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STADM adalah 78.00 dan model pembelajaran STAD adalah 64,24 (2) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yang memiliki motivasi tinggi adalah 87,18 dan yang memiliki motivasi rendah adalah 65,53 (3) tidak terdapat interaksi antara  antara model pembelajaran dengan motivasi dalam mempengaruhi basil belajar kognitif peserta didik.

Kata kunci: Modifikasi STAD, Motivasi, Hasil belajar Kognitif

 

ABSTRACT

This quasi experiment research aims at examining (1) the difference between cognitive learning result of students who taught by employing STADM learning model and the ones taught by employing STAD type on the lesson material of acids, bases, salts, elements, compounds, mixture, (2) the differences between cognitive learning result of students who have' high motivation and the ones who have low motivation on the lesson material of acids, bases, salts, elements, compounds, mixture, (3) the difference between learning model and motivation in influencing learning result of students. The study employed factorial 2 x 2 design. The population was 89 students of grade VII at SMPN 3 Bulukumba of academic year 2013/2014 which consisted of three classes, namely class VII/1, class V1112, and class VII:/3. Samples were two classes, namely grade V11/1 and VII/3 chosen by employing random sampling technique. The hypothesis test was conducted by using two-way variance of analysis of GLM Univariat with SPSS 18.0 for windows program. The results of the study reveal that (1) there is influence of learning model towards cognitive learning result of students. The mean of cognitive learning result of students taught by using STADM learning model is 78.00 and STAD learning model is 64.24, (2) there is influence of motivation towards cognitive learning result of students. The mean of cognitive learning result of students who have high motivation is 87.18 and who have low motivation is 65.53, (3) there is no interaction between learning model and motivation in influencing cognitive learning result of students.

Keywords: STAD Modification, Motivation, cognitive in science 

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id