Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Kimia (Oksidasi Reduksi) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Watampone Melalui Pembelajaran Remedial dengan Tutor Sebaya
(1) SMA Negeri 3 Watampone
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i1.4579
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui metode langkah – langkah penerapan tutor sebaya yang dapat meningkatkan kualitas hasil belajar, dengan obyek penelitian siswa kelas x SMA Negeri 3 Watampone dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, siklus 1 dengan 4 kali tindakan atau pertemuan dan siklus 2 dengan 3 tindakan. Hasil analisis data dilakukan observasi dan tes hasil belajar. Menunjukkan bahwa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya siswa kelas x SMA Negeri 3 Watampone mengalami peningkatan dan mencapai kualitas hasil belajar.
Kata kunci: Metode tutor sebaya, Kualitas hasil belajar
ABSTRACT
This research is a class action,which aims to determined the method steps peer tutors who can improved the quality of learning outcomes, with the object of research students class X SMA Negeri 3 Watampone with number of students are 36 people. This class action research consist of 2 cycles, cycles 1 to 4 times the action or meetings and cycle 2 to 3 action. Data analysis and test conducted observational study. Showed that the method of learning by applying peer tutor students has increased and achieved quality learning outcomes.
Keywords: Peer tutor method, Quality learning outcomes
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 153 times | PDF view : 99 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2722-8649
Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.
Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id