Perbandingan Metode Pemberian Tugas Kerja Kelompok dengan Kerja Individu pada Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Tondong Tallasa Kab.Pangkep (Studi pada Materi Pokok Termokimia)

Amru Ichwan Luthfi(1*), Muhammad Danial(2), Mohammad Wijaya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v17i1.4570

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu
(quasi eksperimen) yang bertujuan mengetahui ada tidaknya
perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan
dengan metode pemberian tugas kerja kelompok dengan
metode pemberian tugas kerja individu pada model
pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas XI
MIA SMA Negeri 1 Tondong Tallasa Kab. Pangkep (pada
materi pokok termokimia). Desain penelitian ”Posstest-only
Control Desaign”. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas
XI MIA SMA Negeri 1 Tondong Tallasa Kab. Pangkep,
dengan kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen I yang
terdiri dari 25 peserta didik dan XI MIA2 sebagai kelas
eksperimen II yang terdiri dari 24 peserta didik. Pengambilan
data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar. Data hasil
belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan
inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai
posttest kelas eksperimen I lebih tinggi yaitu 73,80
dibandingkan nilai posttest kelas eksperimen II yaitu 67,71
serta persentase ketuntasan kelas eksperimen I yaitu 64,00 %
dan persentase ketuntasan kelas eksperimen II yaitu 37,50%.
Hasil analisis inferensial dengan uji Mann-Whitney (U-test)
menunjukkan nilai signifikan < α (0,05) yaitu 0,033<0,05
dengan kriteria pungijian tolak Ho dan terima H1. Demikian
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
peserta didik yang dibelajarkan dengan metode pemberian
tugas kerja kelompok dengan metode kerja individu pada
model pembelajaran discovery learning.
Kata kunci: Kerja kelompok¸ Kerja individu, discovery
learning, Hasil belajar

ABSTRACT
This is a quasi experiment research to find out
wheather the learning results of students that were give team
work assignments are different to srudents that were given
individual assignments during the application of the
discovery learning model. This study was conducted using
students of year XI MIA SMAN 1 Tondong Tallasa Kab.
Pangkep for thermochemistry topic. The research design
posstest only control design. Two classes were used as the
samples XI MIA1 which consisted of 25 students as the
Experimental Class and XI MIA2 which consisted of 24
students as the Experimental Class II. The learning results
data was collected using an achievement test and the data
was analyzed inferential statistics test. The results showed
that the learning results of the Experimental Class 1 were
better than the Experimental Class 2 (Mann-Whitney Test
was 0,033< α (0.05) where the post-test results were 73,80
and 67,71 for the Experimental Class I and the Experimental
Class II. The number of students who achieved completeness
was 64% for the Experimental Class I and 37,50% for the
Experimental Class II. This giving group assignment was
better than individual assignment when applying the
Discovery Learning Model.
Keywords : Team work, Individual work, Discovery
learning, Learning outcomes

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 444 times | PDF view : 607 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id