Pengaruh Strategi dalam Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Peserta Didik

Pince Salempa(1*), Muhaedah Rasyid(2), Abdul Rauf(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v16i2.4556

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan konsep kimia dan sikap peserta didik yang disebabkan oleh pengaruh strategi pembelajaran pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis garam. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain posttest-only control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik Kelas XI IPA diambil dua kelas secara rambang, kelas pertama diberikan perlakuan strategi konflik kognitif dan kelas yang kedua diberikan perlakuan strategi inkuiri dalam pembelajaran berbasis masalah. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan análisis uji-t dengan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan penguasaan konsep kimia antara peserta didik yang diajar dengan strategi konflik kognitif dan strategi inkuiri dalam pembelajaran berbasis masalah (2) tidak terdapat perbedaan sikap peserta didik antara yang diajar dengan strategi konflik kognitif dan strategi inkuiri dalam pembelajaran berbasis masalah.

Kata kunci: Strategi dalam PBL, konflik kognitif, inkuiri, penguasaan konsep kimia, dan sikap peserta didik

Abstract.  The study aimed at examining whether there were differences on the mastery of chemistry concept and students’ attitude caused by the influence of learning strategy on the subject of buffer solution and hydrolysis of salts. This study were a quasi-experiment by employing posttest-only control group design. The samples of the study were two classes of grade XI of science (IPA) students selected randomly. The first class was given a treatment of cognitive conflict strategy and and the second class was given a treatment inquiry strategy in problem-based learning. The hypothesis test was conducted using t-test analysis with SPSS 17.0. The results of the study revealed that  (1) there were differences on the mastery of chemistry concept between students taught by cognitive conflict strategy and  inquiry strategy in problem-based learning, (2) there was no difference on students’ attitude between the ones taught by cognitive conflict strategy and the ones taught by inquiry strategy in problem-based learning.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 229 times | PDF view : 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id