Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur

Ratnawati Mamin(1*),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v9i2.420

Abstract


ABSTRAK

Metode Scaffolding merupakan praktik yang berdasarkan pada konsep Vygotsky tentang zona of proximal development (zona perkembangan terdekat). Penerapan metode pembelajaran Scaffolding pada pokok bahasan Sistem periodik unsur berarti memberikan kepada individu sejumlah besar bantuan selama tahap awal pembelajaran dan kemudian mengurangi bantuan tersebut dan memberikan kesempatan kepada anak didik tersebut untuk mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar, segera setelah mampu mengerjakan sendiri. Bantuan yang diberikan oleh pembelajar (guru) dapat berupa petunjuk, peringatan, dorongan, menguraikan masalah ke dalam bentuk lain yang memungkinkan siswa dapat mandiri.

Kata Kunci : Scaffolding, Guru, Sistem Periodik Unsur

ABSTRACT

Scaffolding method is an experiment that based of Vygotsky conept about zona of proximal development. The implementation of this method for periodic unsure system meaning some help for individual with step in first study, and then reduced and give changes for student to take on more responsibilities, after they have worked. The Helpful which is given teacher such as guides, intends, motivation, could be explained the problem to other side which is probably the student can work alone.

Key words : Scaffolding, Teacher, Periodic System

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 10123 times | PDF view : 11777 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]