Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X5 SMA NEGERI 1 Gangking Melalui Pembelajaran Tuntas

Ansar .(1*),

(1) SMA Negeri 1 Gangking, Kab.Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v11i1.384

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa kelas X5 diSMA Negeri 1 Gangking melalui penerapan pembelajaran tuntas. Pelaksanaannya dilakukan dalam dua siklus masing-masing empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X5 berjumlah 45 orang (16 laki-laki dan 19 perempuan). Pengumpulan data dengan lembar observasi, kuesioner skala sikap, tes hasil belajar dan catatan harian. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar yang cukup signifikan, yaitu dari 57,51% pada siklus I menjadi 65,51% pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari 62,07 pada siklus I dan 67,20 pada siklus II. Analisis secara inferensial menunjukkan data peningkatan motivasi dan hasil belajara berbeda secara signifikan dengan koefisien diterminasi (r2) masing-masing0,4264 dan 0,5242. hal ini menunjukkan bahwa, penerapan pendekatan belajar tuntas mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Gangking.

Kata kunci: motivasi, Pembelajaran tuntas, Gangking

ABSTRACT

This is class action research which aim to to increase motivate and learning achievement of student of class X5 SMAN 1 Gangking through completely teaching (Pembelajaran Tuntas). Its execution conducted in two cycle of each four phase that is; planning, action execution, observation and reflection. Subyek research is student of class X5 amount to 45 students (16 men and 19 woman). Data collected with the observation, kuesioner of attitude scale, test of learning achivement and daily note. Result of research show there is the make-up of motivation learn which enough signifikan, that is from 57,51% at cycle I become 65,51% at cycle II. Result learn to mount from 62,07 at cycle I and 67,20 at cycle II. Analyse by inferensial show the data of[is make-up of motivation and result of belajara differ by signifikan with the coefficient of diterminasi (r2) of each 0,4264 and 0,5242. this matter indicate that the, approach applying learn complete able to improve the motivation and result of learning chemistry of student of class of X5 SMA Country 1 Gangking.

Key Word: Motivation, learning achievement, Gangking

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id