Analisis Pemahaman Konsep Menggunakan Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 9 Bone

Jusriana Jusriana(1*), Muh. Yunus(2), Halima Husain(3),

(1) Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v23i1.34000

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Bone pada materi asam basa. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 yang berjumlah 12 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik three tier multiple choice yang terdiri dari 20 butir soal. Instrumen ini telah divalidasi ahli dan divalidasi item dengan nilai reliabilitas tingkat 1 (Pilihan jawaban) 0,8100 dan  tingkat 2 (Pilihan alasan)  0,8733 termasuk kategori sangat tinggi. Hasil penelitian diperoleh persentase peserta didik yang paham konsep pada materi asam basa sebesar 17.91%, miskonsepsi sebesar 62,65%, dan tidak paham konsep sebesar 19,42%. Dengan demikian pemahaman konsep peserta didik pada materi asam basa dikategorikan sangat kurang berdasarkan kriteria pendeskripsian tingkat pemahaman konsep yaitu 0% sampai dengan 20%.

Kata kunci: pemahaman konsep, miskonsepsi, tidak paham konsep, three tier multiple choice, asam basa

 

ABSTRACT

This research held to analyze the understanding concept students of class XI IPA in SMAN 9 Bone on acid based subject matter. The subjects in this research were students of XI IPA 3 class that consisted of 12 students. The instrument of this research was Three Tier Multiple Choice test with items 20. This instrument has been validated by experts and validated items with a tier 1 (Multiple choice) reliability is 0.8100 and a tier 2 (Reasoning choose the answer) is 0.8733 including a very high category. The result of this study shows that the percentage of students who understood the concept on acid based subject matter is 17.91%, misconception is 62.65%, and do not understand the concept is 19.42%. Level of concept understanding of students on acid based subject matter is category as very lacking based on the criteria for description of the concept understanding level, is 0% to 20%.

Keywords: understand the concept, misconception, do not understand the concept, three tier multiple choice, acid-base


Full Text:

PDF

References


Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dewi, Sintia Ayu; Endang Susilahningsih dan Triastuti Susilahningsih. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Melalui Tes Diagnostik Model Two-Tier Pada Materi Asam-Basa. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), Vol 3, No 3 Universitas Negeri Semarang.

Ekawati, I. H. 2015. Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Terhadap Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Instrumen Tes Three-tier Multiple Choice Diagnostic. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo.

Hidayanti, Ulfah Nur dkk. 2019. Desain Instrumen Tes Three Tier Multiple Choice untuk Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 13, No 2.

Irawati, Ratna Kartika. 2019. Pengaruh Pemahaman Konsep Asam Basa terhadap Konsep Hidrolisis Garam Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas XI. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching. Vol. 02 No. 01.

Meylindra, Iska. 2013. Identifikasi Pemahaman Konsep Larutan Asam Basa Melalui Gambaran Mkroskopik pada Peserta didik SMA kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang. Jurnal. Universitas Negeri Malang.

Mubarak, S., Susilahningsih, e. dan Cahyono E. 2016. Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI. Journal of Innovative Science Education. Vol 5. No 2. Hal 101-110.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siwi, Dwi Antiprapti. 2013. Identifikasi Miskonsepsi Peserta didik Kelas VIII pada Sistem Pencernaan dan pernapasan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Septiyani, Sarah; Rody Putra Sartika; dan Lukman Hadi. 2017. Pemahaman Konsep Materi Asam-Basa Peserta didik Kelas Xi Mipa 1 Man 2 Pontianak. Skripsi.

Streiner, D.L. 2004. Diagnosting Teset: Using and Misusing Diagnostic and Screening Tests. Journal of Personality Assesment. Vol 81. No 3. Hal 209-219.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakaryahal.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&K. Bandung: Alfabeta.

Sukarjo. 2007. Menuju Pendidikan Kimia yang Efektif dan Efisien di Sekolah Menengah Atas. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Sunyono, Wirya, I. W., Suyanto, E., dan Suyandi, G. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Provinsi Lampung. Jurnal Pendidikan, 305-317.

Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Susilaningsih, E., Kasmui dan Harjito. 2016. Desain Instrumen Tes Diagnostik Pendeteksi Miskonsepsi untuk Pemahaman Konsep Kimia Mahapeserta didik Calon Guru. Unnes Science Education Journal. Vol. No 3. Hal 1432-1437.

Triutami, Nursiwi. 2010. Studi Miskonsepsi Kimia SMA Kelas X pada Materi Stoikiometri di SMA Negeri 1 Sentolo Kulonprogo Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Wahyuningsih, T., Raharjo T. dan Masithoh D. F. 2013. Pembuatan Instrumen Tes Diagnostik Fisik SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 1. No 1. Hal 111-117.

Wiyono, F.M., Sugianto., E. Sugiayanto. 2016. Identifikasi Hasil Analisis Miskonsepsi Gerak Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier pada Peserta didik SMP. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA): 6(2):61-69.

Zuhroti, B. Marfu’ah, S. Sodiq, I. M. 2018. Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikropik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pembelajaran Kimia, Vol 3, No 2, Hal. 44-49.


Article Metrics

Abstract view : 673 times | PDF view : 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id