Pengaruh Media E-Modul Berbasis Flipbook pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan)

Yusriana Soejana(1*), Muhammad Anwar(2), Sudding Sudding(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i2.17986

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran e-modul berbasis flipbook pada model problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo pada materi pokok sifat koligatif larutan. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XII MIPA 1 yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran e-modul berbasis flipbook pada model problem based learning dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas XII MIPA 6 dibelajarkan menggunakan model problem based learning. Data motivasi belajar peserta didik untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, sehingga dilakukan uji-t dengan α= 0,05 dan dk= 52, diperoleh thitung > ttabel (3,303>1,674). Perhitungan hasil belajar dari kelas eksperimen tidak terdistribusi normal dan kelas kontrol terdistribusi normal, serta kedua kelas berasal dari populasi yang homogen sehingga uji hipotesis yang digunakan yaitu uji statistik non-parametrik, Mann-Whitney dengan α= 0,05 diperoleh Zhitung > Ztabel (8,66 > 1,64). Terdapat pengaruh media pembelajaran e-modul berbasis flipbook pada model problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo pada materi pokok sifat koligatif larutan.

Kata kunci: PBL dan e-modul berbasis flipbook

ABSTRACT
This research was quasi experiment research that aimed to know the effect of using e-modul based on flipbook media in problem based learning model toward students motivations and learning outcomes in class XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo on subject matter of colligative properties solution. Research design was posttest only control group design. Population was students in class XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo that consist of six classes. Sample was taken randomly. Experiment class was XII MIPA 1 that learned e-modul based on flipbook media in problem based learning model and control class was XII MIPA 6 that learned problem based learning model without e-modul based on flipbook media. Motivation data in experiment class and control class was normally distributed and it has homogen varians so test-t with ∝=0.05 dan dk=52 was done with tcalculated > ttable (3,303>1,647). For the learning outcome data in experiment and control class was not normally distributed while in control class was normally distributed and it has homogen varians so, parametric test by Man-Withney with ∝=0.05, was done with zcalculated > ztable (8,66>1,64). It can be concluded that there is an effect of e-modul based flipbook on media in problem based learning model toward students motivations and learning outcomes in class XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo on subject matter of colligative properties solution.

Keywords: PBL and e-modul based on flipbook

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gea, N. F. A., E. Saptaningrum., U. Kaltsum. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Flipbook Maker pada Materi Gejala Gelombang terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI. Prosiding Lomtar Physics Forum IV, Semarang: 24 April-12 Mei 2017. Hal. 187-192. ISBN 978-602-0960-62-3.

Nazeri. 2013. Penggunaan e-FlipBook dalam Topik Elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam Pengajaran Reka Bentuk dan Teknologi PISMP RBT. Prosiding Seminar Penyelidikan IPG Zon Timur: Volume 1 Nomor 1. Institut Pendidikan Guru Kampus Dato’ Razali Ismail.

Sanjaya, W. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta:

PT Grafindo Persada.

Searmadi, Bagus Putra & Rina Harimurti. 2016. Penerapan Inovasi Flipbook sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengenalan PHP Kelas XI RPL Di SMK Negeri 2. Jurnal IT-Edu. Volume 01 Nomor 02 Tahun 2016, 42-48. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Surabaya.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thenu, Immanuella Caesarona. 2016. Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Flip Book Maker Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi KelasXI IPA I SMA Kristen 1 Salatiga. Artikel Ilmiah. Fakultas Teknologi Informasi UKI.


Article Metrics

Abstract view : 1245 times | PDF view : 377 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id