Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa (Studi Pada Materi Reaksi Oksidsi Dan Reduksi)

Mustabsyira Mustabsyira(1*), Taty Sulastri(2), Sumiati Side(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i2.17984

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Gowa pada materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi. Populasi dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMAN 1 Gowa yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Data deskripsi hasil belajar diperoleh rata-rata kelompok eksperimen 77,97 dan kelompok kontrol 74,55. Pengujian hipotesis dengan uji Mann-whitney menghasilkan Zhitung= 1,91 dan Ztabel = 1,64, sehingga Zhitung > Ztabel dengan = 0,05 dan dk=66. Ada pengaruh penggunaan media animasi pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Gowa pada materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi.

Kata kunci: animasi, discovery learning, reaksi oksidasi dan reduksi

ABSTRACT
This research as a quasi-experimental that aimed to find out the effect of the animation media on the discovery learning models to learning outcomes of the students of class X MIA SMAN 1 Gowa on oxidation reduced reaction. The population of this research is the student of class X SMAN 1 Gowa that was consist of 6 classes. Sampling technique is random, data was collected from the achievement test of the student that consists of 20 multiple choice. Analysis data technique used descriptive and inferential analysis. Data descrption of the result of the study gained an average of experimental group 77,97 and the control group 74,55. Testing of hypothesis used Mann-Whitney, produce Z-calculate= 1,91 and Z-table = 1,64, so was Z-calculate> Z-table on α =0,05 and dk=66. An effect of the animation media on the discovery learning models to learning outcomes of the students of class X MIA SMAN 1 Gowa on oxidation reduced reaction.

Keywords: animation, discovery learning, oxidation and reduction reactions

Full Text:

PDF

References


Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. DIY: CV Budi Utama.

Emy Siswanah. 2013. Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Walisongo Semarang, Jurnal Phenomenon. vol 3, no 2.

Arikunto, S. 2013. Prosedur: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta

Fitriani, Ade, Muhammad Danial, dan Muhammad Wijaya. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Bungoro pada Konsep Ikatan Kimia. Jurnal Chemica. Vol. 15 No. 2.

Permendikbud. 2013. Jurnal Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Maulina, Khairil, dan Safrida. 2017. Penerapan Model PBL dipadu Media Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan Manusi di SMP Negeri 5 Banda Aceh.

Sakti, dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Vol X No.1. FKIP Universitas Bengkulu.

Nuraini, 2018. Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal Ilmiah. Vol 6.no 1.


Article Metrics

Abstract view : 403 times | PDF view : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id