Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Penerapan Tugas Baca untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Syarifuddin Syarifuddin(1*),

(1) UPT SMA Negeri 5 Sidrap
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i2.17973

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk menemukan upaya peningkatan aktifitas dan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang disertai dengan penerapan tugas baca. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII.IPA.1 SMA Negeri 5 Sidrap Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 29 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 74,38 dengan ketuntasan klasikal 75,38%, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 77,62 dengan ketuntasan klasikal 89,66%. Dan setelah diadakan ulangan harian untuk materi siklus I dan II diperoleh rata-rata hasil belajar 78,14 dengan ketuntasan klasikal 93,10%. Kondisi ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa serta peningkatan ketercapaian ketuntasan belajar secara klasikal.
Kata kunci: Hasil belajar, kooperatif tipe Jigsaw, tugas baca

ABSTRACT
The research objective was to find efforts to increase the activity and learning achievement of students through the Jigsaw cooperative learning model which was accompanied by the application of reading assignments. This research was conducted in 2 cycles, each cycle consisting of planning, action, observation and reflection stages. The research subjects were students of class XII.IPA.1 SMA Negeri 5 Sidrap in the academic year 2017/2018, with 29 students, consisting of 12 boys and 17 girls. Data analysis was carried out by descriptive analysis. The results showed, the average student learning outcomes in the first cycle 74.38 with 75.38% classical completeness, in the second cycle the average student learning outcomes 77.62 with 89.66% classical completeness. And after the formative tests were held for the material of the first and second cycles, the average learning outcome was 78.14 with 93.10% classical completeness. This condition indicates an increase in student learning outcomes and an increase in the achievement of classical learning completeness.
Keywords: Learning outcomes, Jigsaw cooperative, reading assignment

Full Text:

PDF

References


Anita Lie, 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Arikunto,Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rhineka Cipta, Edisi revisi.

Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Ditjen, Dikdasmen,

Depdiknas.2004. Sistem Penilaian Kurikulum 2004. Jakarta.

Emildadiany, Novi, 2008. Cooperative Learning – teknik Jigsaw (Online)(http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/31/cooperative-learning-teknik-jigsaw.html, Diakses 16 Juli 2017).

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006

Purba, Michael. 2008. Kimia Untuk SMA Kelas XII. Jakarta : Erlangga

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mangajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sumiati dkk, 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Syaiful Sagala. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII.IA.1 SMAN 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Perpustakaan SMAN 5 Sidrap.


Article Metrics

Abstract view : 337 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id