Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Musdalifa Musdalifa(1*), Ramdani Ramdani(2), Muhammad Danial(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14839

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning berbasis jejaring sosial edmodo pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Makassar pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Makassar yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelompok eksperimen yaitu kelas XI MIPA 2 dan kelompok kontrol yaitu kelas XI MIPA. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 76,61 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 74,00. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol terdistribusi normal serta berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t. diperoleh thitung > ttabel (3,47 > 2,01) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ada pengaruh blended learning berbasis jejaring sosial edmodo dengan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Makassar pada materi larutan penyangga.

Kata kunci: Edmodo, discovery learning, dan hasil belajar.

ABSTRACT

This study is a quasi-experimental study that aims to determine the effect of blended learning based on edmodo social network at discovery learning models toward learning achievement of students class XI MIPA SMAN 15 Makassar at buffer solution subject matter. The research design is the posttest only control group design. The population in this study are the students of classes XI MIPA SMAN 15 Makassar which consists of five classes. Sampling is done by random sampling. The experimental group is XI MIPA 2 and the control group is XI MIPA 1. Based on the results of descriptive analysis, the average of learning achievement of experimental group is 76.61 that higher than in the control group that is 74.00. The results of inferential statistical analysis toward learning achievement indicate that the data on the experimental group and the control group are normal distribution and homogenous. Hypothesis testing using t-test obtained tcount > ttable (3.47 > 2.01) so that Ho rejected and H1 accepted. There is an effect of blended learning based on edmodo social network at discovery learning models toward learning achievement of students class XI MIPA SMAN 15 Makassar at buffer solution subject matter.

Keywords: Edmodo, discovery learning, and learning achievement

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afdhila, Rizqa., Muhammad Nazar, dan Latifah Hanum. 2017. Penerapan Pembelajaran Blended Learning pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK). Vol.(2), no. 3.

Al-said, K. M. 2015. Student’s Perceptions of Edmodo and Mobile Learning and their Real Barriers towards them. The Turkish online Jurnal of Educationnal Technology (TOJET). Vol (14), no. 2.

Istiqomah, Sri Banun Titi dan Ninik Azizah. 2013. Penerapan Metode Blended Learning Berbasis ICT untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) di Prodi D-III Kebidanan FIK UNIPDU Jombang. Jurnal Eduhealth. Vol (3), no. 2.

Mamentu, F.Y. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Padaa Mata Pelajaran TIK di SMAN 1 Tondano. Jurnal Engineering dan Education UNIMA. Vol (1), no. 4.

Nu’man, Ahmad Zanin. 2014. Efektifitas Penerapan E-learning Model Edmodo dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa. Duta.com. Vol (7), no. 1.

Puranti, Nurita. 2013. Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol (2), no. 2.

Sandi, Gede. 2012. Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol (45), no. 3.

Setyono, Evin Yudhi. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Topik Pembuatan Kurva-S Menggunakan Microsoft Excell. Jurnal Sosial dan Humaniora. Vol (5), no. 1.

Sudibjo, Arif dan Wasis. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Fisika dengan E-learning Berbasis Edmodo Blog Education pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respons Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol (2), no. 3.

Sumianingrum, Ninok Eyiz., Hari Wibawanto, dan Haryono. 2017. Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Vol (1), no. 1.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 908 times | PDF view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id