Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash berbasis Discovery Learning pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIA 1 SMAN 9 Makassar

Haryani Haryani(1*), Muh. Yunus(2), Muhammad Anwar(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14838

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) yang bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran macromedia flash berbasis discovery learning pada materi larutan penyangga dan yang valid, praktis dan efektif. Tahapan pengembangan mengacu pada model ADDIE meliputi tahapan analysis, design, develop, implementation, dan evaluation. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, angket, postest dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi produk pengembangan media pembelajaran macromedia flash berbasis discovery learning dari ahli materi dan ahli media masing-masing termasuk kategori valid dan sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran ditinjau dari angket tanggapan peserta didik, angket tanggapan guru dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat masing-masing termasuk kategori sangat tinggi, tinggi dan sangat tinggi. Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar peserta didik termasuk kategori tinggi dan perbandingan persentase ketuntasan hasil post-test kelas uji coba dengan kelas pembanding berturut-turut yaitu 62,5% dan 59,3%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang diperoleh valid, praktis dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga.

Kata Kunci: Macromedia flash, model pembelajaran discovery learning

ABSTRACT

This research is a research and development (R & D) that aimed to product learning media macromedia flash based discovery learning on buffer solution subject matter and determine the valid, practic and effective. The development stages refers to ADDIE models, namely analysis, design, develop, implementation, and evaluation. Data collection was done with using validation sheet, questionnaire, post-test and documentation which are analyzed with quantitative descriptive analysis method. The validation result of development learning media products macromedia flash based discovery learning for its learning content standards, learning, language, software engineering and visual display and audio respectively obtained 3,9; 3,6; 5; 4,1dan 4.6. Practicality of learning media in terms of student responses questionnaire, teacher responses and observation sheet of device implementation respectively obtained 82.21%, 78.5% and 89.55. The effectiveness of learning media in terms of the student motivation got percentage 70.49% and a comparison of the percentage of completeness posttest results of trials with control class, respectively obtained 62.5% and 59.3%. Finally, it can be concluded that the learning macromedia flash based discovery learning is valid, practical and effective be applied in learning chemistry on buffer solution subject matter.

Keywords: Learning media, macromedia flash, discovery learning model

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dahar, R. W. 1996. Teori-teori Belajar. Erlangga: Jakarta.

Jamil, S. (2013) Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ma’rifah. 2012. Keefektifan Pembelajaran Kimia Bersrategi Konflik Kognitif untuk Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Pemahaman Konseptual dan Algoritmik, Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Merdekawati. (2014). Pengembangan One Stop Learning Multimedia Menggunakan Software Adobe Flash pada Materi Bentuk Molekul dan Gaya Antar Molekul Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1).

Muhaimin. (2008). Pengembangan Materi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Subhan., Pince Salempa dan Muhammad Danial. 2018. Pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM Vol.1 No.2.

Sumiharsono, M.R., & Ariyanto, H. 2017. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.

Tsaparlis, F. 2004. Has Educational Research Made Any Difference to Chemistry Teaching?. Chemistry Education: Research and Practice, 3-4.

Uno, H. B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis dibidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 321 times | PDF view : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id