Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Flash pada Model Pembelajaran Discocery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia)

Hardianti Darwis(1*), Ramdani Ramdani(2), Muhammad Jasri Djangi(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14836

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi berbasis flash pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang pada materi pokok ikatan kimia. Desain penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang yang terdiri dari 3 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random kelas dan terpilih kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini, variabel bebasnya terbagi atas dua yaitu media animasi berbasis flash pada model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran discovery learning sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar kimia peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang pada materi pokok ikatan kimia. Data hasil penelitian diperoleh dengan pemberian tes hasil belajar 20 nomor jenis pilihan ganda yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Deskripsi hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 85,83 dan kelas kontrol adalah 73,42. Ketuntasan untuk kelas eksperimen adalah 92,59% dan kelas kontrol 66,67%. Hasil pengujian hipotesis degan uji-t pada taraf signifikan,  = 0,05 dengan nilai thitung = 5,19 > ttabel = 1,67 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi berbasis flash pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Pamboang pada materi pokok ikatan kimia.

Kata Kunci: Flash, discovery learning, hasil belajar, ikatan kimia

ABSTRACT

The study is a quasi-experimental research aimed to determine the effect of the use of flash based animation media on the discovery learning models to learning achievment of students of class X IPA SMA Negeri 1 Pamboang in the subject matter of chemical bonds. The research design is “Posttest-Only Control Design”. The population are all students of class X IPA SMA Negeri 1 Pamboang which consists of 3 classes. Sampling is selected by randomly and class X IPA 1 as the experimental class and X IPA 3 as the control class. In this study, the independent variables are divided into two, namely a reserach was flash based animation media on the discovery learning models and discovery learning models while the dependent variables is the learning achievment. Data were obtained by tests learning achievment as many as 20 numbers that have been validated. Data are analyzed using descriptive statistics and hypothesis testing. Description of the study of students showed an average value for the experimental calss is 85,83 and the control class is 73,42. The completeness of the experimental class is 92,59% and the control class is 66,67%. The results of hypothesis testing indicate tcount = 5,19 > ttable = 1,67 shows that there is a the effect of the use of flash based animation on the discovery learning models to learning achievment of students of class X IPA SMA Negeri 1 Pamboang in the subject matter of chemical bonds.

Keywords: Flash, discovery learning, student achievment, chemical bonds

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjan Dikti Depdiknas.

Ariani, Dan Haryanto, dan Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Aris, Budiono, Muhammad Faiq Nurssofi. 2011. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pelapisan dan Korosi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 11. No. 1.

Atmadi, A dan Setianingsih, Y. 2000. Transformasi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Dahar, R. W. 2006. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Duludu, Ummysalam. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: CV. BUDI UTAMA.

Hamalik. 2003. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Hendarto, Setiawan, dkk. 2012. Penggunaan Video Animasi untuk Meingkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter. Automotive Science and Education Journal. Vol. 1. No. 1.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jumadi. 2013. Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang. Jurnal Online Negeri Malang. Vol. 1. No. 1.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) http://p3g.unm.ac.id.

Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mutoharoh, Sitti. 2011. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahadi, Aristo. 2004. Konsepsi Media dalam Pembelajaran Online. http://www.pustekom.go.id, diakses 30 Januari 2019.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Press.

Sakti, Indra. 2013. Pengaruh Media Animasi Fisika dalam Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Semirata FMIPA Unila. Vol. 1. No.1.

Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sukiyasa, Kadek, dan Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3. No.1.

Suyitno, Teguh. 2014. Model Pembelajaran pada Kurikulum 2013. http://bdksemarang.kemenag.go.id

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progressif. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 403 times | PDF view : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id