Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH (Course Review Horay) dengan Pendekatan Scientific terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 2 Sidrap (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon)

Joulman Cipta Alief Anugrah(1*), Sugiarti Sugiarti(2), Taty Sulastry(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i2.13633

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan scientific terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Sidrap. Desain penelitian yang digunakan adalah “pretest posttest-only control group design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Sidrap yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu class random sampling sehingga sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing- masing 36 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan variabel terikatnya yaitu motivasi dan hasil belajar. Data motivasi dan hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis untuk pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan scientific terhadap motivasi belajar peserta didik menggunakan uji-t. Pengujian hipotesis untuk pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar peserta didik menggunakan Mann-Whitney. Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan scientific terhadap motivasi hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Sidrap (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon).

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe CRH, Pendekatan Scientific, Motivasi, Hasil Belajar


ABSTRACT

This study is a quasi-experimental research (quasi-experimental), which is aims to determine the effect of cooperative learning model type CRH with scientific approach toward motivation and learning achievement of student’s class XI MIPA SMA Negeri 2 Sidrap. The study design used is "pretest posttest-only control group design". These study population were all the students of class XI MIPA SMA Negeri 2 Sidrap which is consists of five classes. The sampling technique used is class random sampling so that the sample are a class XI MIPA 1 as an experimental class and class XI MIPA 2 as control class with the number of students each 36 peoples. The independent variable in this study is cooperative learning model type CRH and the dependent variable is motivation and learning achievement of student’s. Motivation and learning achievement’s data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. Hypothesis test for effect of cooperative learning model type CRH with scientific approach toward motivation of student’s using t-test. Hypothesis test for effect of cooperative learning model type CRH with scientific approach toward learning achievement of student’s using Mann-Whitney test. The result shown that there is an effect of cooperative learning model type CRH with scientific approach toward motivation and learning achievement of student Class XI MIPA SMA Negeri 2 Sidrap (Study on Hydrocarbon).

Keywords: Cooperative Learning Model type CRH, Scientific Approach, Motivation, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Harianto. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Course Review Horay Menggunakan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Elektronika di SMK. Jurnal Pendidikan Elektro, Volume 02, Nomor 1. Diakses pada tanggal : 1 Oktober 2016

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.

Kemendikbud. 2013. Pengembangan kurikulum 2013. Jakarta: kemendikbud.

Marteni, Partini, dan Riastini. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal PGSD. Vol. 1, No.2. Diakses pada tanggal : 1 Oktober 2016.


Article Metrics

Abstract view : 266 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id