Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Makassar Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid

Ita Purnamasari Z(1*), Anwar Anwar(2), Iwan Iwan(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i1.13619

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 1 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran langsung serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 1 Makassar pada materi pokok sistem koloid. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA MAN 1 Makassar yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing siswa sebanyak 24 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok sistem koloid berupa post-test. Berdasarkan hasil analisis data Deskriptif diperoleh nilai rata rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78,75 (SD = 9,90 ) sedangkan kelas kontrol 70,75 (SD = 9,84) dan hasil analisis statistika inferensial diperoleh thitung (3,54) > ttabel (1,682) pada š›¼ ā• 0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Makassar studi pada materi pokok sistem koloid.

Kata kunci: SAVI , pembelajaran langsung, koloid


ABSTRACT

The research was a quasi-experimental that aimed to know effect of SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intelctually) learning model to towards studentā€™s achievement of class XI IPA MAN 1 Makassar. The independent variable in this research was SAVI learning model in experiment class and direct learning in control class and the dependent variable is the student achievement in class XI IPA MAN 1 Makassar study on colloid system. The population was class XI IPA MAN 1 Makassar which consists of 4 classes. The sample consisted of two classes, namely XI IPA 1 as an experimental and XI IPA 2 as the control with sum each as many 24 students. The data was obtained by using student achievement test on koloid system subject matter as posttest. Based on the descriptive data analysis the average values of student achievement class was 78,75 (SD = 9,90) while the control class was 70,75 (SD = 9,84) and inferential statistical analysis show that tcalculate (3,54) > ttable (1,682) on the Ī± ā• 0.05. It was concluded that SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intelctually) Learning Model had effect to student achievement in class XI IPA MAN 1 Makassar in koloid system subject matter.

Keywords: SAVI, direct learning, colloid

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ginting, Sura Menda dan Hermansyah Amir. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II. Jurnal Exacta. Vol. X No. 1

Mayliana, Esther dan Herminarto Sofyan. 2013. Penerapan Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Busana. Jurnal Pendidikan Vokasi.

Vol.3 No. 1

Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Hand Book. Bandung: Kaifa.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar Wijayanti, Tutik Fitri. dkk. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta. Volume 5 Nomor


Article Metrics

Abstract view : 266 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.idĀ Ā