Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Masamba melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pokok Asam Basa

Nurul Hidayah(1*), Halimah Husain(2), Netti Herawaty(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i2.12774

Abstract


ABSTRAK
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Masamba pada materi pokok asam basa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA2 yang berjumlah 29 orang. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis proses dan nilai tes hasil belajar untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis produk. Disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis proses siswa adalah 67,24% dikategorikan tinggi, dengan rincian indikator: 1) memberikan penjelasan sederhana sebesar 73,45% 2) membangun keterampilan dasar sebesar 70,34% 3) menyimpulkan sebesar 67,76% 4) memberikan penjelasan lanjut sebesar 63,97%, dan 5) mengatur strategi dan taktik sebesar 60,69%. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis produk siswa adalah 26,94% dikategorikan sangat rendah. Persentase pencapaian siswa pada setiap indikator pembelajaran dengan materi asam basa yaitu: 1) menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius, Bronsted Lowry dan Lewis adalah 36.25%, 2) menganalisis indikator yang dapat digunakan untuk membedakan asam basa adalah 70.94%, 3) memprediksi pH larutan dengan menggunakan beberapa indikator adalah 46.98%), 4) menghitung pH larutan asam/basa kuat dan asam/basa lemah adalah 22.13%, dan 5) menghubungkan asam/basa lemah dengan asam/basa kuat untuk mendapatkan derajat ionisasi (α) atau tetapan ionisasi adalah 7.50%.

Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Berpikir kritis, Asam Basa

ABSTRACT
The aim of this deskriptif research is to determine how Student’s Critical Thinking Skill by Using Problem Based Learning Model to Students of Class XI MIA2 SMAN 1 Masamba in Material of Acid-Base. The subject of this research were students of XI MIA2 the counsist 29 studensts. The data was obtained by observation during the learning to know critical thinking skill of process and student’s learning achievement is to know critical thinking skill of product. It was concluded that the average critical thinking ability process of the students is 67.24% and categorized as high. Percentage of critical thinking process are: 1) elementary clarification indicator is 73,45%, 2) basic support indicator is 70,34%, 3) inferences indicator is 67,76%, 4) advance and clarification indicator is 63,97%, 5) and strategy and tactic indicator is 60,93% while the average product of students' critical thinking skills are 26,94% and categorized as very low. The percentage of student achievement on each indicator learning materials acid-base are: 1) indicator to analyze the theory of acids and bases is based on the concept of Arrhenius, Bronsted Lowry and Lewis was 36.25%, 2) indicators analyzing indicators that can be used to distinguish acid-base is 70.94%, 3) indicator predicts the pH of the solution using several indicators are 46.98%), 4) indicator calculates pH of strong acid/base and weak acid/base is 22.13%, and 5) indicators linking the weak acid/base with strong acid/base to obtain the degree of ionization (α) or constant ionization is 7.50%.

Keywords: Problem based learning, Critical thinking, Acid-Base

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Prospektif.

Costa, Arthur L. 1985. Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. USA: ASDC.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Rosnawati, R. 2012. Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pembentukan Karakter Siswa. Makalah yang dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Sanata Dharma, 29 Juni 2012.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suyanti, Retno Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Medan: Graha Ilmu.

Syahza, Almasdi dan Mitri Irianti. 2008. Model-Model Pembelajaran. Riau: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 11 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 1411-6502

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica_unm@yahoo.co.id