Pengaruh Media Laboratorium Virtual Berbasis Android Mobile terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi FKIP Universitas Muslim Maros pada Mata Kuliah Teknik Laboratorium

Pertiwi Indah Lestari(1*), Rahmawati Rahmawati(2),

(1) FKIP Universitas Muslim Maros
(2) FKIP Universitas Muslim Maros
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i2.12768

Abstract


ABSTRAK
Media laboratorium virtual berbasis android mobile merupakan alternatif media untuk mengatasi kertebatasan sarana dan prasarana praktikum dengan menggunakan perangkat mobile berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media laboratorium virtual berbasis android mobile terhadap hasil belajar mahasiswa biologi FKIP Universitas Muslim Maros. Jenis penelitian ádalah penelitian eksperimen dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan biologi yang sedang menempuh mata kuliah teknik laboratorium pada semester genap (VI) tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik pemberian pretest-postest untuk hasil belajar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS Versi 20 for Windows. Dari hasil analisis data diperoleh sampel berdistribusi normal dengan ketentuan Sig (0,715) > α (0,05) untuk kelas kontrol dan Sig (0,927) > α (0,05) untuk kelas eksperimen. Signifikansi (Sig) Based on Mean adalah sebesar 0,358 > 0,05, menunjukkan varians kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah sama atau homogen. Nilai t hitung dan nilai Sig (2-tailed = 0,003) < ½ α (0,05) maka Ho ditolak. Jadi ada pengaruh positif penerapan media laboratorium virtual berbasis android mobile terhadap hasil belajar mahasiswa.

Kata kunci: Media Laboratorium Virtual, Android Mobile, hasil belajar

ABSTRACT
Virtual media laboratory based android mobile is an alternative media to overcome the limitations of practicum facilities. This study aimed to determine the effect of the virtual media laboratory based android mobile towards students’ learning outcomes majoring in Biology Education at Faculty of Teacher Training and Education the University of Muslim Maros. This study was an experiment research. The subjects of the research were Biology Education students who were enrolled on the laboratory course. The number of students who were joining this research were 32 students. They were at the fourth semester in academic year 2017/2018. This research used pretest-posttest design as the techniques of data collection to examine students’ achievement in learning. The collected data then were analyzed using normality, homogeneity, and hypothesis test by using SPSS 20.0 for windows device. From the data analysis, the result showed that normal distribution of the sample was Sig (0,715) > α (0,05) for the control class and Sig (0,927)> α (0,05) for the experimental class. Significance (Sig) Based on Mean was 0.358> 0.05, showing that the variance of the control class and the experimental class were the same or homogeneous. The t-value and the p-value were (2-tailed = 0.003) <½ α (0.05) then H0 is rejected. Therefore, there was a positive effect of applying virtual media laboratory based android mobile on student learning outcomes.

Keywords: Virtual Laboratory Media, Android Mobile, learning outcomes

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Rajawali Pers.

Eko sumargo dan leny yuanita. 2014. Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa journal of chemical education issn: 2252-9454 vol.3, no. 1, pp. 119-133.

Felintina Yuniarti. 2011. Pengembangan virtual laboratory Sebagai media pembelajaran berbasisKomputer pada materi pembiakan virus. Skripsi.semarang: jurusan biologi Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas negeri semarang.

Herga, Nataša Rizman, Dinevski, Dejan. 2012. Virtual Laboratory in Chemistry - Experimental Study of Understanding, Reproduction and Application of Acquired Knowledge of Subject's Chemical Content. Organizacija Journal Vol. 45; no. 3; pp. 108 – 116.

Joey Stevanie, Irene Sofieanita, dan Deddy Hermansyah. 2012. Aplikasi Laboratorium Kimia Virtual Viclab untuk Pelajar SMA Berbasis Android Menggunakan Libgdx. Skrpsi, Jakarta: Binus University, Jakarta

Khaeruman, Khery Yusran, Murdiono. 2015. Pengembangan laboratorium virtual pada materi Larutan elektrolit dan non-elektorlit. Mataram : Jurnal Ilmiah IKIP Mataram Vol. 3. No.2 ISSN:2355-6358.

Meltzer, D. 2002. The Relationship In Physics And Other Sciences: The Need For Special Science Courses For Teachers. American Journal Physics. 58 (8), 734-741.

Rohmi Julia Purbasari. 2013. Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk Siswa sma kelas x. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UM.

Rahayu Sri Umi, fuldiaratman dan Dwi wiwik ernawati. 2014. Pengaruh media laboratorium virtual dalam pembelajaran larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa kelas xi ipa sman 8 muaro jambi. Program studi pendidikan kimia jurusan pmipa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jambi.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Press.

Swandi Ahmd, Nurul H.S., dan Irsan. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu Jeneponto. Makassar: Jurnal Fisika Indonesia No: 52, Vol XVIII, Edisi April 2014 ISSN : 1410-2994.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 653 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id