Korelasi Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Soppeng Pada Masa Pandemi Covid-19

NP Sri Ramadani Alam(1), Nurhayati Nurhayati(2*), Rachmawaty Rachmawaty(3), Nurlinda Nurlinda(4), Mignia Mignia(5), Sulfiana Sulfiana(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) SMA Negeri 5 Soppeng
(5) SMA Negeri 5 Soppeng
(6) SMA Negeri 5 Soppeng
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v5i2.37669

Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian expost-facto yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas dengan hasil belajar siswa secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPA SMA Negeri 5 Soppeng tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel melalui teknik stratified random sampling sehingga diperoleh sampel 213 orang siswa. Variabel bebas dalam penelitian adalah kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas, sementara variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas dengan hasil belajar Biologi siswa.

Kata Kunci: Kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Goleman, D. 2003. Emotional Intelligence, Alih Bahasa oleh T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khasanah, E. U. 2018. Kecerdasan Emosional pada Remaja Ditinjau dari Tipe Lembaga

Pendidikan dan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan, P. 14.

Nurhayati, Bedduside dan Abdul Hadis. 2019. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi: Badan Penerbit UNM.

Rambe, NAP., Hasanah, U., Chairunnisa, N. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MAN 3 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2).

Rukmana, Intan. et al. 2016. Hubungan Adversitas Quotient Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sma Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3).

Santrock, J. W. 2004. Psikologi Pendidikan. 2nd. University of Texas at Dallas: Kencana.

Stoltz, P. 2005. Adversity quotient: mengubah hambatan menjadi peluang. (Y. Hardiwati, Ed.) (cetakan ke 6). Jakarta: PT. Grasindo.Sudarsono. 1993. Kamus Filsafat dan Psikologi. Jakarta: PT Rineka Cipta. CV Alfabeta.

Yani, Muhammad. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Adversitas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Pare – Pare. Makassar: Prodi Pendidikan Matematika PPs UNM.

Zainuddin. 2011. Pentingnya Adversitas Quotient Dalam Meraih Prestasi Belajar. Pontianak: Universitas Tanjungpura.


Article Metrics

Abstract view : 170 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 nurhayati nur nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Biology Department 

Mathematic and Science Faculty
State University of Makassar

Contact Person

Arsad Bahri
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +62813-3450-3202
email: [email protected] 
Website: https://ojs.unm.ac.id/btl

 

 Flag Counter

 

Creative Commons License
Journal Biology Teaching and Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.