Distribusi Kendala Aspek Pedagogi yang dialami Mahasiswa Pendidikan Biologi UNM dalam Pelaksanaan PPL Semester Genap Tahun 2021

Abd Muis(1*), Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai(2), Ismail Ismail(3), Widya Karmila Sari Achmad(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v5i2.37618

Abstract


Abstrak. Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa kependidikan dalam masa pandemi memerlukan pencermatan lebih lanjut untuk memetakan kondisi yang dihadapi oleh mahasiswa selama melaksanakan PPL. Praktek pembelajaran membutuhkan penerapan pedagogik secara tepat. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan kendala penerapan pedagogik yang dialami mahasiswa saat melaksanakan PPL. Penelitian survey ini melibatkan seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Biologi yang mengikuti kegiatan PPL pada semester genap 2021 yang berjumlah 39 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui aplikasi google form yang terdiri dari 6 aspek pedagogik dengan 21 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82,9 persen mahasiswa peserta PPL tidak terkendala dalam mengenali karakteristik peserta didik. 84,6 persen mahasiswa tidak terkendala dalam hal menerapkan model, pendekatan, dan metode pembelajaran. 93,6 persen mahasiswa tidak terkendala pada penggunaan media pembelajaran. 78,6 persen mahasiswa menyatakan tidak terkendala dalam hal menerapkan keterampilan dasar mengajar. 85,25 persen mahasiswa tidak terkendala dalam pengelolaan kelas/pembelajaran. 91,28 persen mahasiswa tidak terkendala dalam hal penilaian proses dan hasil belajar. Secara keseluruhan 13,9 persen mahasiswa Pendidikan Biologi terkendala pada aspek pedagogik dalam pelaksanaan PPL semester genap 2021.

Kata Kunci: kendala, pedagogik, mahasiswa, program pengalaman lapangan


Full Text:

PDF

References


Agus, R.Abu Hasan. (2015). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 03 No. 01 Desember 2015, 1-12. https://doi.org/10.33650/pjp.v2i1.100

Azman, Z. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 2(2), 51-64. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.136

E.Mulyasa. (2007).Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), 105-117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Kurniawan, A., Astuti, A.P. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Prosiding Seminar Nasinal Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang.

Mansyur, M. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 130-147. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v12i1.31

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung : Lampung.

Sari, A,K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak(Visual, Auditorial, Kinestetik)Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Edutic: Pendidikan dan Informatika Vol 1 No. 1, 1 -12. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.395

Sari, Widya.K. dkk. (2020). Buku Panduan Program Pengelaman Lapangan Universitas Negeri Makassar. Unit Pengelola Teknis Program Pengelaman Lapangan Universitas Negeri Makassar.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Wahyudi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Di SD Inpres 188 Tombo-Tombolo Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Skripsi


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abd Muis, Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai, Ismail Ismail, Widya Karmila Sari Achmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By:

Biology Department 

Mathematic and Science Faculty
State University of Makassar

Contact Person

Arsad Bahri
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +62813-3450-3202
email: [email protected] 
Website: https://ojs.unm.ac.id/btl

 

 Flag Counter

 

Creative Commons License
Journal Biology Teaching and Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.