PEMBELAJARAN TARI SAMBUT DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SMA PGRI GELUMBANG
(1) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i3.35682
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengamatan empirik pada ”Pembelajaran Tari Sambut Yang Menggunakan Metode Demonstrasi Di SMA PGRI Gelumbang” terhadap siswa belajar seni budaya. Dalam pengamatan ini Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah Metode Demonstrasi, dapat dilihat rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran tari sambut dengan Metode Demonstrasi di SMA PGRI Gelumbang? Dalam penelitian ini metode yang digunakan bersifat deskriftif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 di SMA PGRI Gelumbang yang berjumlah 34 siswa teknik dalam pengumpulan data mengunakan teknik instrumen observasi dan instrumen wawancara dalam tari sambut sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data dan data display.Berdasarkan hasil pengamatan dalam penelitian telah lakukan tentang “Pembelajaran Tari Sambut Dengan Metode Demonstrasi Di SMA PGRI Gelumbang” dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi yang di terapkan guru pada pembelajaran tari sambut berjalan dengan baik, sehingga Metode Demonstrasi dapat dimanfaatkan untuk belajar mengajar dikelas dan menarik minat siswa dalam belajar.
Kata kunci : Pembelajaran Tari, Metode Demonstrasi, Tari Sambut Muara Enim
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Majid, Abdul. (2017). Pembelajaean Tematik Terpadu. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Kusumastuti, Eny. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu. Pendidikan Sendratasik Fbs Universitas Negeri Semarang.
Hendriani, D. (2016). Pengembangan Seni Budaya & Keterampilan. Yogyakarata: Penerbit Ombak.
Leo Agung, Sri Wahyuni. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak .
Yaumi, Muhammad. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia.
Nurambia. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Materi Tari Lenggang Patah Sembilan Di Sma Negeri 1 Labuhan Deli. Jurnal Seni Tari.
P.Stephanie, H. S. (2018). Pembelajaran Tari Bedana Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sd Ar Raudah Bandar Lampung. Jurnal Seni Dan Pembelajaran.
P.Stephanie, Hasyimkan, S.Wendhaningsih. (2018). Program Studi Pendidikan Seni Tari, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. Jurnal Seni Dan Pembelajaran.
Ratna, N. K. (2010). Metodelogi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Sanjaya, H. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Staphanie. (N.D.).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfaberta.
Article Metrics
Abstract view : 140 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Boting Langi indexed by