PEMBELAJARAN TARI SAMBUT DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SMA PGRI GELUMBANG

Yuyun Sulistiani(1*),

(1) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i3.35682

Abstract


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengamatan empirik pada ”Pembelajaran Tari Sambut Yang Menggunakan Metode Demonstrasi Di SMA PGRI Gelumbang” terhadap siswa belajar seni budaya. Dalam pengamatan ini Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah Metode Demonstrasi, dapat dilihat rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran tari sambut dengan Metode Demonstrasi di SMA PGRI Gelumbang? Dalam penelitian ini metode yang digunakan bersifat deskriftif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 di SMA PGRI Gelumbang yang berjumlah 34 siswa teknik dalam pengumpulan data mengunakan  teknik instrumen observasi dan instrumen wawancara dalam tari sambut sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data dan data display.Berdasarkan hasil pengamatan dalam penelitian telah lakukan tentang “Pembelajaran Tari Sambut Dengan Metode Demonstrasi Di SMA PGRI Gelumbang” dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi yang di terapkan guru pada pembelajaran tari sambut berjalan dengan baik, sehingga Metode Demonstrasi dapat dimanfaatkan  untuk belajar mengajar dikelas dan menarik minat siswa dalam belajar.

 

Kata kunci : Pembelajaran Tari, Metode Demonstrasi, Tari Sambut Muara Enim

Keywords


;Pembelajaran Tari; Metode Demonstrasi; Tari Sambut Muara Enim

Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul. (2017). Pembelajaean Tematik Terpadu. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Kusumastuti, Eny. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu. Pendidikan Sendratasik Fbs Universitas Negeri Semarang.

Hendriani, D. (2016). Pengembangan Seni Budaya & Keterampilan. Yogyakarata: Penerbit Ombak.

Leo Agung, Sri Wahyuni. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak .

Yaumi, Muhammad. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia.

Nurambia. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Materi Tari Lenggang Patah Sembilan Di Sma Negeri 1 Labuhan Deli. Jurnal Seni Tari.

P.Stephanie, H. S. (2018). Pembelajaran Tari Bedana Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sd Ar Raudah Bandar Lampung. Jurnal Seni Dan Pembelajaran.

P.Stephanie, Hasyimkan, S.Wendhaningsih. (2018). Program Studi Pendidikan Seni Tari, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. Jurnal Seni Dan Pembelajaran.

Ratna, N. K. (2010). Metodelogi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Sanjaya, H. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Staphanie. (N.D.).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfaberta.


Article Metrics

Abstract view : 126 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by