PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERKARYA PADA MATA KULIAH PENGKARYAAN MUSIK

Faisal Faisal(1*), Sri Wahyuni Muhtar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i2.34575

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan awal penulis yang menemukan berbagai problematika dalam proses pembelajaran Mata Kuliah Pengkaryaan Musik yang berujung pada terbatasnya kreativitas dan kualitas karya Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain, yakni: 1) Keterbatasan Ruang, 2) Keterbatasan Waktu, 3) Perangkat Teknis dan Fasilitas, 4) Biaya Produksi. Penelitian ini bertujuan; (1) Mengetahui bentuk penerapan media pembelajaran berbasis IT untuk meningkatkan kreativitas berkarya pada mata kuliah Pengkaryaan musik di Program Studi Pendidikan Sendratasik FSD-UNM. (2) Mengetahui sejauh mana kreativitas berkarya mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik FSD-UNM setelah dilakukan penerapan media pembelajaran Pengkaryaan musik berbasis IT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang akan dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, Wawancara, Tes, Dokumentasi, dan Angket. Berdasarkan data yang diperoleh secara terperinci dianalisis dan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian: 1) Pra Siklus, berdasarkan angket disimpulkan Keterbatasan Ruang, Alat Musik, Biaya, dan Pemain dalam berkarya dapat menurunkan kualitas berkarya dari mahasiswa pendidikan Sendratasik (musik). 2) Bentuk penerapan media pembelajaran berbasis IT dilakukan dalam 4 tahapan yakni, Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Observasi dan Tahap Refleksi. 3) Kreativitas Mahasiswa setelah penerapan media pembelajaran berbasis IT yakni: Berdasarkan perbandingan persentase angket sebelum dan setelah penerapan dihasilkan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan kreativitas dalam berkarya. Selain itu, berdasarkan perbandingan karya sebelumnya dan karya saat ini juga dihasilkan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan kreativitas bahkan di masa Pandemi Covid, dimana segala hal terbatasi. Sebelum penerapan, sebanyak 100% mahasiswa pada mata kuliah aransemen melakukan pengkaryaan secara konvensional sedangkan setelah penerapan 81% mahasiswa menerapkan penggunaan teknologi yang di kombinasikan dengan alat musik konvensional

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Berbasis IT, Pengkaryaan Musik


Keywords


Media Pembelajaran; Berbasis IT; Pengkaryaan Musik

Full Text:

PDF

References


Abdulhak. (2001). Komunikasi Pembelajaran: Pendekatan Konvergensi dalam Peningkatan Kualitas dan Efektifitas Pembelajaran. Bandung: UPI Depdiknas.

Arikunto, S. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djali, M. F. (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: CV Restu Agung.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.

Lim, F. (2008). Filsafat Teknologi (Don Ihde tentang Dunia, Manusia, dan Alat). Yogyakarta: Kanisius.

Mohammad, J. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Moleong, L. J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1996). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

NCES (National Center for Education Statistics). (2010). Digest of Education Statistics. Washington D.C.

Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahayu, I., & Ardani, T. (2004). Observasi dan Wawancara. Malang: Bayumedia Publishing.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

The Liang Gie. (2003). Teknik Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Sabda Persada.

Umar, A., & Kaco, N. (2008). Penelitian Tindakan Kelas: Pengantar ke dalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Wiriaatmaja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yunus, P. P. (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH KAJIAN SENI RUPA LOKAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. JURNAL IMAJINASI 5, no. 1: 47-52.


Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by