Pembentukan Vokal Musica Sacra dengan Penerapan Metode Demonstrasi Bermain Sanggar Paduan Suara Anak Satria Kasih
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i1.32476
Abstract
Musica sacra merupakan vokal berupa doa yang disampaikan kepada Tuhan, teknik ini merupakan musik yang serius sehingga berat untuk diajarkan kepada anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan bentuk metode demonstrasi bermain dalam pembentukan vokal musica sacra pada paduan suara anak di Satria Kasih Children Choir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penerapan metode bermain ini ada dua yaitu bermain aktif dan bermain pasif, diaplikasikan dalam setiap langkah latihan (pemanasan, inti latihan, dan penutup) dengan tujuan mengembangkan imajinasi, kepercayaan diri untuk membantu pembentukan vokal musica sacra yang dapat dilihat dari intonasi, fidelity to the score, sound quality dan overall artistic impression.
Kata Kunci: Musica Sacra, Paduan Suara Anak, Demonstrasi Bermain
Abstract
Musica sacra is a vocal in the form of a prayer delivered to God, this technique is serious music so it is difficult to teach children. The purpose of this study was to determine the application and form of the demonstration method of playing in the formation of vocal musica sacra in the children's choir at the Satria Kasih Children's Choir. The method used in this study is a descriptive qualitative method. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The results show that there are two forms of application of this playing method, namely active playing and passive playing, applied in every step of the exercise (warm-up, core exercise, and closing) with the aim of developing imagination, self-confidence to help the formation of vocal musica sacra which can be seen from the intonation, fidelity to the score, sound quality and overall artistic impression.
Keywords: Musica Sacra, Children's Choir, Demonstration Play
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Manggau, A., & Usman, A. (2019). Kreativitas anak melalui melukis dengan jari (Finger Painting) di Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Seminar Nasional LP2M UNM
Muhtar, S. W. (2021). Pelatihan Bernyanyi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Teknik Vokal Peserta Karaoke Dangdut Competition di Bugis Waterpark Makassar. Abdi Seni, 12(1), 1-9.
Prusdianto, P., & Hamrin, H. (2020). Development of Education Theater Practicum Module. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).
Putra, C. S. 2015. Pembelajaran Vokal dengan Metode Solfegio pada Paduan Suara Gracia Gitaswara di GKJ Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Jurnal Seni Musik, 4 (1), 1-8.
Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13 (2). 27-35.
Rachmat, R. (2020). Refleksi Kritis Pada Pembelajaran Seni. Nuansa Journal of Arts and Design, 4(2), 19-25.
Sihombing, L. B. (2013). Karakteristik dan Teknik Bernyanyi Lagu Kategori Negro Spiritual pada Kelompok Paduan Suara. Generasi Kampus, 6 (2), 129-143.
Sinaga. 2014. Teknik Bernyanyi dalam Paduan Suara. Generasi Kampus, 7 (2), 281-293.
Sitompul, B. (1999). Paduan Suara dan Pemimpinnya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Article Metrics
Abstract view : 339 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Boting Langi indexed by