Proses Latihan Teater Naskah “sang Mandor” Karya Rahman Arge dalam Menanamkan Perilaku Positif pada Siswa SMAN 3 Enrekang

Irsan Wirasukma(1*), Tony Mulumbot(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i1.32326

Abstract


Berperilaku positif sangat penting dalam berbangsa dan bernegara, sikap positif peserta didik akan tumbuh dan terpelihara apabila kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara bervariasi dan dihadapkan pada kehidupan nyata. Penelitian ini menjawab masalah; 1) bagaimana proses latihan teater dengan naskah “Sang Mandor”, 2) bagaimana perilaku positif siswa di kelas X-XI SMAN 3 Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif serta analisa deskriptif yang memaparkan permasalahan sebagaimana adanya. Dalam penelitian ini terdapat 5 tahap proses latihan yaitu Olah tubuh, Olah vokal, Olah Rasa, Reading, Rehearsal. Perilaku positif yang ditanamkan kepada siswa yaitu; maaf, syukur, empati, dan asertiv. Setelah melakukan proses latihan teater dengan naskah “Sang Mandor” Karya Rahman Arge, para siswa lebih memahami dan menerapkan perilaku positif, a) rasa Maaf mendorong para siswa kelas X-XI SMAN 3 Enrekang untuk lebih mudah memaafkan orang lain ataupun dirinya sendiri, b) perilaku Syukur yang membuat siswa lebih bersyukur apapun yang mereka dapatkan, c) perilaku Empati mendorong siswa untuk lebih memahami perasaan orang lain, d) perilaku asertif dimana setelah melakukan proses latihan teater dengan naskah “Sang Mandor” para siswa lebih jujur dan terbuka Proses latihan teater dengan naskah “Sang Mandor” dapat menanamkan perilaku positif kepada siswa kelas X-XI SMAN 3 Enrekang. Dimana siswa yang ikut serta dalam proses latihan teater dapat memahami dan menanamkan perilaku positif ke dalam diri mereka sendiri.

Kata Kunci: Proses Latihan Teater, Naskah “Sang Mandor”, Perilaku Positif

 

Positive behavior is very important in the nation and state, the positive attitude of students will grow and be maintained if teaching and learning activities are applied in a variety of ways and are faced with real life. This research answers the problem; 1) how is the process of theater rehearsal with the script "The Foreman", 2) how is the positive behavior of students in class X-XI SMAN 3 Enrekang. This research is a field research with a qualitative approach and descriptive analysis that describes the problem as it is. In this study, there are 5 stages of the exercise process, namely Body Exercise, Vocal Exercise, Taste Exercise, Reading, Rehearsal. Positive behaviors that are instilled in students are; forgiveness, gratitude, empathy, and assertiveness. After carrying out the theatrical practice process with the script of "Sang Mandor " by Rahman Arge, the students better understand and apply positive behavior, a) forgiveness which encourages students in grades X-XI SMAN 3 Enrekang to more easily forgive others or themselves, b ) Gratitude that makes students more grateful where everything they get, c) Empathy which encourages students to better understand the feelings of others, d) assertive behavior after doing the theater practice process with the script "The Foreman" the students are more honest and open The theatrical practice process with the script "The Foreman" can instill positive behavior in class X-XI students of SMAN 3 Enrekang. Where students who participate in the theater training process can understand and instill positive behavior into themselves.

Keywords: Theatrical Practice Process, Sang Mandor Script, Positive Behavior

Keywords


Theatrical Practice Process; Sang Mandor Script; Positive Behavior; Proses Latihan Teater; Naskah Sang Mandor;Perilaku Positif

Full Text:

PDF

References


Basyir, M. A. (2017). Pengaruh Intensitas Latihan Seni Teater Terhadap Konsep Diri Crew Teater Metafisis Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang. (Skripsi,Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang). http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7887/.

Endaswara, S. (2011). Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. Yogyakarta: Caps.

Hariwijaya, M. (2015). Metodologi dan Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Untuk Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Harymawan, R. M. A. (1993). Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Ihsan, A. (2019). Nilai Estetika Kacaping Sebagai Konsep Dasar Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Formal Masyarakat Bugis di Kabupaten Sidrap. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(2), 259-268. http://eprints.unm.ac.id/17583/.

Manggau, A., dan Sayidiman, S. (2019). Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 123-133. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3740

Nasruddin. (2009). Unsur Instrinsik Drama Sang Mandor Karya Rahman Arge. Jurnal Sawerigading, 15 (2), 219-226.

Prusdianto, P. (2018). Pendidikan Seni Teater; Sekolah, Teater dan Pendidiknya. Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, 5(1), 39-37. https://doi.org/10.26858/tanra.v5i1.5794

Puspasari, W. D. (2010). Meningkatkan Sikap Positif Siswa SMA Negeri 1 Muntilan terhadap Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Skripsi, Univeristas Negeri Yogyakarta). https://eprints.uny.ac.id/2280/

Ramli, A. Nilai-nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuileng. Publikasi Pendidikan, 11(2), 117-124. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.20451

Saenal, S. (2014). Proses Kreatif Penciptaan Tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu" Karya Anak-Anak Tunarungu Di Deaf Art Community Yogyakarta (Tesis, Penciptaan dan Pengkajian ISI Yogyakarta). http://digilib.isi.ac.id/197/

Saptaria, E. R. (2006). Panduan Praktis Akting Untuk Film dan Teater Acting Handbook. Bandung: Rekayasa Sains Bandung.

Suhariyadi. (2014). Dramaturgi. Lamongan: CV Pustaka Ilalang Group.


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by