Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 2 Polewali
(1) State University Of Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v16i2.2464
Abstract
Penelitian ini adalah “Pra-Eksperimen” yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar kognitif siswa, kentuntasan hasil belajar siswa, dan keefektifan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Variabel bebas adalah model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar kognitif siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X5 SMA Negeri 2 Polewali yang berjumlah 30 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis N-gain, dan uji hipotesis secara inferensial diolah dengan analisis program SPSS versi 20.0 dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa aktivitas siswa berada pada kategori “aktif”, rata-rata posttest hasil belajar berada pada kategori “sangat baik”, rata-rata gain ternormalisir berada pada kategori “tinggi”, ketuntasan hasil belajar siswa melebihi 85%, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X5 SMA Negeri 2 Polewali efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1652 times | PDF view : 1070 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.