Perbandingan Kesadaran Metekognitif Siswa yang Diajar Menggunakan Model Problem-based Instruction (PBI) dengan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

Arifah Novia Arifin(1*), Sitti Saenab(2),

(1) State University Of Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v15i2.1552

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesadaran metakognitif siswa yang diajar menggunakan model Problem-Based Instruction (PBI) dengan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Pada penelitian ini digunakan kelompok eksperimen I berupa model pembelajaran PBI dan kelompok eksperimen II berupa model pembelajaran kooperatif tipe TPS.Instrumen penelitian berupa angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory) untuk mengukur kesadaran metakognitif. Data dianalisis statistik deskriptif dan inferensial (T-tes dengan α= 0,05) dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwatidak ada perbedaan yang signifikan kesadaran metakognitif siswa SMA yang diajarmenggunakanmodel PBI dengan kooperatif TPS (p> 0,05 dengan sig 0,063).


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 401 times | PDF view : 813 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 bionature



Published By:

Jurusan Biologi 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar

Contact Person

Hartono
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +62812 8911 4162
email: bionature@unm.ac.id 
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature    

 

Creative Commons License
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.