Penerapan Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Kelas XI IPA 3 melalui Lesson study berbasis Sekolah di SMA Negeri 8 Makassar
(1) State University Of Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v14i1.1446
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan aktiftas belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Makassar, sebanyak dua siklus atau dua kali pertemuan (4 x 45 menit), pada topik sistem peredaran darah. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, tahapan pembelajaran kolaboratif yang diterapkan telah berhasil meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal ini dikarenakan, seluruh tahapan kegiatan pembelajaran sangat menekankan pada keterlibatan siswa dari awal sampai akhir pembelajaran. Disamping itu, guru memposisikan diri sebagai fasilitator dan pendamping yang baik bagi aktifitas belajar siswa. Pelaksanaan lesson study selama penelitian, juga telah mempererat kolegalitas antara tim LS, membentuk mutual learning (saling belajar), dan meningkatkan profesional guru sebagai pendidik dan pengajar.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 427 times | PDF view : 1073 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Hartono
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +62812 8911 4162
email: bionature@unm.ac.id
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.