Analisis Kesesuaian antara Instrumen Evaluasi Formatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Watansoppeng

Lodang Hamka(1*), Suraya Bara Nur Afni(2),

(1) State University Of Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v13i2.1437

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara instrumen evaluasi formatif dengan tujuan kognitif pembelajaran biologi pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMPN 1 Watansoppeng. Objek penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran kelas VII, VIII, IX pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMPN 1 Watansoppeng. Hasil pengumpulan data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan data persentase. Berdasarkan hasil analisis 186 pertanyaan formatif  dan 105 tujuan pembelajaran pada level kognitif, 50 (27%)  termasuk dalam kategori sesuai, 75 (40%) kurang sesuai, dan 61 (33%) tidak sesuai. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa tingkat kesesuaian antara instrumen evaluasi formatif dengan tujuan kognitif pembelajaran Biologi semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMP Negeri 1 Watansoppeng pada umumnya dikategorikan kurang atau tidak sesuai.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 341 times | PDF view : 1212 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 bionature



Published By:

Jurusan Biologi 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar

Flag Counter

Contact Person

Hartono
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +62812 8911 4162
email: bionature@unm.ac.id 
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature    

 

Creative Commons License
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.