Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share Dipadukan dengan Mind Mapping untuk Siswa SMP.

Tenriawaru Eka Pratiwi(1*), B. Nurhayati(2), Hadis Abdul(3),

(1) State University Of Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v13i1.1425

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan RPP, materi ajar (buku siswa), dan LKS yang berorientasi pada model pembelajaran kooperatif TPS dipadukan dengan  MM untuk siswa SMP, (2) untuk mengetahui kualitas dari perangkat pembelajaran IPA biologi yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran kooperatif TPS dipadukan dengan MM di SMPN 30 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat dengan menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA biologi yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran kooperatif TPS dipadukan dengan MM untuk siswa SMP telah memenuhi kriteria kualitas perangkat pembelajaran, yaitu: (1) valid, (2) praktis dan  (3) efektif.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 271 times | PDF view : 877 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 bionature



Published By:

Jurusan Biologi 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar

Contact Person

Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id 
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature    

 

Creative Commons License
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.