Peningkatan Pemahaman Konsep Genetika Siswa SMA melalui Pembelajaran Peta Konsep pada Sekolah Berkategori Berbeda
(1) Universitas Khairun Ternate
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v13i1.1421
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran peta konsep menggunakan perangkat berpendekatan konsep terhadap pemahaman konsep genetika siswa SMA pada sekolah berkategori berbeda. Rancangan yang digunakan adalah rancangan faktorial 2x2 pre test post test control group design. Teknik penarikan sampel adalah stratified random sampling dengan kriteria kategori sekolah atas, tengah, dan bawah. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran peta konsep berpendekatan konsep dan tes berbentuk esai sejumlah 35 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep genetika siswa pada pembelajaran peta konsep 79,2% lebih tinggi dari konvensional, dan tidak terdapat pengaruh yang nyata kategori sekolah terhadap pemahaman konsep genetika siswa SMA.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 391 times | PDF view : 968 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.