Peningkatan Pemahaman Konsep Genetika Siswa SMA melalui Pembelajaran Peta Konsep pada Sekolah Berkategori Berbeda

Roini Chumaidach(1*),

(1) Universitas Khairun Ternate
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v13i1.1421

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran peta konsep menggunakan perangkat berpendekatan konsep terhadap pemahaman konsep genetika siswa SMA pada sekolah berkategori berbeda. Rancangan yang digunakan adalah rancangan faktorial 2x2 pre test post test control group design. Teknik penarikan sampel adalah stratified random sampling dengan kriteria kategori sekolah atas, tengah, dan bawah. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran peta konsep berpendekatan konsep dan tes berbentuk esai sejumlah 35 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep genetika siswa pada pembelajaran peta konsep 79,2% lebih tinggi dari konvensional, dan  tidak terdapat pengaruh yang  nyata kategori sekolah terhadap pemahaman konsep genetika siswa SMA.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 332 times | PDF view : 959 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 bionature



Published By:

Jurusan Biologi 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar

Contact Person

Hartono
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +62812 8911 4162
email: bionature@unm.ac.id 
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature    

 

Creative Commons License
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.