Strategi Pembelajaran Berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan Dipadu Think Pair and Share dalam memberdayakan Sikap Sosial Siswa Multietnis

Magdalena Rambitan Vandalita Maria(1*),

(1) Universitas Mulawarman Samarinda
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v13i1.1420

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi pembelajaran berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dipadu Think Pair Share (TPS) dan strategi konvensional dalam memberdayakan sikap sosial siswa multietnis. Penelitian ini tergolong quasi experiment dengan rancangan pretest-postest nonequivalent control group design pola faktorial 2 x 5. Variabel bebas penelitian terdiri adalah strategi pembelajaran dan multietnis siswa. Variabel yang diukur adalah sikap sosial siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan Anakova dibantu program SPSS versi 17.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpola PBMP dipadu TPS dan strategi konvensional memiliki perbedaan dalam memberdayakan sikap sosial siswa multietnis. Strategi pembelajaran berpola PBMP dipadu TPS berpengaruh terhadap sikap sosial siswa, akan tetapi strategi berpola PBMP dipadu TPS tidak memiliki peluang yang lebih besar dalam memberdayakan sikap sosial siswa multietnis dibandingkan dengan strategi konvensional.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 231 times | PDF view : 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 bionature



Published By:

Jurusan Biologi 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar

Contact Person

Hartono
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +62812 8911 4162
email: bionature@unm.ac.id 
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature    

 

Creative Commons License
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.