EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA SMA NEGERI 3 WATANSOPPENG
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tujuan program pembelajaran dilihat dari aspek context, (2) Program Tahunan, program semester, pengembangan silabus, penyusunan RPP pada SMA Negeri 3 Watansoppeng dilihat dari aspek masukan atau input, (3) Pelaksanaan proses pembelajaran, sarana prasaran, kinerja guru kimia, motivasi belajar dari aspek process, (4) Hasil pembelajaran kimia dilihat dari aspek product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan model evaliasi CIPP (Context, Input, Process, Product), subyek dari penelitian ini peserta didik, guru, dan kepala sekolah yang dilaksanakan pada SMA Negeri 3 Watansoppeng. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran Kimia pada SMA Negeri 3 Watansoppeng dilihat dari aspek context tujuannya sudah sesuai dengan standar proses, aspek input sesuai dengan standar proses dan hasilnya amat baik, pada aspek process pelaksanaan pembelajaran kimia dan kinerja guru kimia amat baik, pada motivasi belajar mencapai kesesuaian enampuluh satu koma tiga tujuh persen ini berarti baik, dan product hasil pembelajaran kimia semuanya tinggi karena unsur ketercapaiannya diatas KKM ini berarti bahwa hasil penelitian pada evaluasi program pembelajaran kimia pada SMA Negeri 3 Watansoppeng dapat diterima, tetapi pada bidang tertentu seperti motivasi belajar kimia perlu ditingkatkan.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 717 times | PDF view : 2560 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan Oleh:
Prodi penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 .Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Indonesia
ISSN: 2460-402X