EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA SMA NEGERI 3 WATANSOPPENG

Mirwati .(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui: (1) Tujuan program pembelajaran dilihat dari aspek context, (2) Program Tahunan, program semester, pengembangan silabus, penyusunan RPP pada SMA Negeri 3 Watansoppeng dilihat dari aspek masukan atau input, (3) Pelaksanaan proses pembelajaran, sarana prasaran, kinerja guru kimia, motivasi belajar dari aspek process, (4) Hasil pembelajaran kimia dilihat dari aspek product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan model evaliasi CIPP (Context, Input, Process, Product), subyek dari penelitian ini peserta didik, guru, dan kepala sekolah yang dilaksanakan pada SMA Negeri 3 Watansoppeng. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran Kimia pada SMA Negeri 3 Watansoppeng dilihat dari aspek context tujuannya sudah sesuai dengan standar proses, aspek input sesuai dengan standar proses dan hasilnya amat baik, pada aspek process pelaksanaan pembelajaran kimia dan kinerja guru kimia amat baik, pada motivasi belajar mencapai kesesuaian enampuluh satu koma tiga tujuh persen ini berarti baik, dan product hasil pembelajaran kimia  semuanya tinggi karena unsur ketercapaiannya diatas KKM ini berarti bahwa hasil penelitian pada evaluasi program pembelajaran kimia pada SMA Negeri 3 Watansoppeng dapat diterima, tetapi pada bidang tertentu seperti motivasi belajar kimia perlu ditingkatkan.


Keywords


Evaluasi Program, Pembelajaran Kimia, CIPP

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 717 times | PDF view : 2560 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan Oleh:
Prodi penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar 
Alamat : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 .Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Indonesia

ISSN: 2460-402X