PEMBINAAN PENGAWAS PADA GURU DALAM MERENCANAKAN, MELAKSANAKAN DAN MELAKUKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN

Muhammad Yusuf(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini menguraikan pembinaan pengawas kepada guru mata pelajaran dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan penilaian dalam pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengawas SMA/SMK di Kabupaten Bone, dan Guru pada beberapa SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bone. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  pengawas melaksanakan tugas pembinaan kepada guru mata pelajaran melalui kegiatan supervisi akademik. Kegiatan supervisi akademik pengawas dilakukan dalam dua bentuk yaitu secara individu dan secara kelompok/supervisi terpadu. Dalam hal pengelolaan pembelajaran, pengawas melakukan pembinaan dalam 3 aspek yakni pembinaan dalam merencanakan pembelajaran, pembinaan dalam melaksanakan pembelajaran dan pembinaan dalam melakukan penilaian pembelajaran. Secara umum dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembinaan pengawas pada guru dalam mengelola pembelajaran lebih dititik beratkan pada pemenuhan kelengkapan-kelengkapan administrasi guru mata pelajaran dalam pengelolaan pembelajaran. Intensitas rendah dalam kegiatan pembinaan, selanjutnya berpengaruh pada materi pembinaan pengawas kepada guru dalam mengelola pembelajaran.

Keywords


Pembinaan Pengawas, merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, penilaian pembelajaran.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 219 times | PDF view : 1434 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan Oleh:
Prodi penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar 
Alamat : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 .Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Indonesia

ISSN: 2460-402X