PELAYANAN FUNGSI ADMINISTRASI PERKANTORAN MODERN

Said Saggaf(1*), Rudi Salam(2), Fakhri Kahar(3), Haedar Akib(4),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ja.v1i1.877

Abstract


Pelayanan administrasi merupakan pekerjaan yang dipandang sebelah mata tetapi mampu memberikan efek yang signifikan bagi suatu Negara.Hancurnya suatu organisasi bukan karena tidak mampu menghadapi persaingan yang ketat tetapi data yang dimiliki belum mampu untuk jadi informasi yang akurat yang demi keberlangsungan suatu organisasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisisis pelaksanaan fungsi administrasi perkantoran modern menyangkut 5 (lima) fungsi seperti: 1) Fungsi Manajerial, 2) Interpersonal, 3) Teknis, 4) Rutin, dan Analisis atau dengan kata lain Fungsi MITRA. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Analisis (kualitatif) yang didukung oleh data kuantitatif.Responden pada penelitian ini adalah Pegawai pada Kantor Kecamatan Barombong yang terdiri dari 14 orang.Sedangkan informannya adalah camat, sekretaris camat, staf / pegawai dan masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan fungsi administrasi perkantoran modern di Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa mencakup fungsi manajerial, interpersonal, rutin dan analisis termasuk dalam kategori tinggi sedangkan fungsi teknis termasuk dalam kategori rendah.Aspek tersebut memberikan gambaran bahwa fungsi teknis menjadi perhatian penting dalam pelaksanaan fungsi MITRA terlebih dalam penyediaan teknologi seperti software, akses internet dan ketersediaan sumber daya manusia masih rendah.

Keywords: Function Modern Office Administration, administrative services, Government, Public Service.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 13494 times | PDF view : 6455 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ad'ministrare