Analysis of Habituation in Implementing the Merdeka Belajar Curriculum in Art Education in Schools
(1) Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(4) Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ja.v10i1.45310
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashari, N. W., & Salwah, S. (2018). Problem based learning untuk meningkatkan self directed learning dalam pemecahan masalah mahasiswa calon guru: suatu studi literatur. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan Kurikulum Merdeka Belajar. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/panduan-kurikulum-merdeka-belajar/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran. Diakses pada tanggal 28 Januari 2023 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/implementasi-kurikulum-merdeka-dalam-pembelajaran
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka. Diakses pada tanggal 28 Januari 2023 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/peningkatan-kualitas-pembelajaran-dengan-kurikulum-merdeka
Nugroho, A. (2022). Evaluasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Journal of Educational Research and Evaluation, 7(1), 45-52.
Pratama, R. (2020). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pendidikan Seni. Journal of Arts and Education, 7(3), 121-128.
Paramita, R. (2020, November). Merdeka Belajar dalam Pendidikan Seni untuk Meningkatkan Kreativitas. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2020, 157-162.
Sahnir, N. (2021). Nuansa Journal of Arts and Design Penerapan SAVI dalam Pengajaran Apresiasi Seni dengan Telaah Karya Dwimatra oleh Guru Seni Rupa di Makassar.
Sanjaya, W. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah. Journal of Cultural Studies, 9(1), 45-52.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Susanto, D. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Penggerak di Sekolah. Journal of Teacher Professionalism, 8(2), 89-98.
Supriyanto, A. (2019). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Journal of Education and Practice, 10(12), 1-8.
Wijayanti, R., & Sulistiyo, B. (2020). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Penggerak. Journal of Curriculum and Education, 5(2), 123-130.
Widaningsih, E. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Menumbuhkan Kecerdasan Moral Secara Kompetitif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2826
Article Metrics
Abstract view : 132 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Heriyati Yatim, Jamilah Jamilah, Nurachmy Sahnir, Amirullah Abduh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.