PENGARUH PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALITAS GURU (Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi)

Muhammad Rakib(1*), Arfina Rombe(2), Muchtar Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ja.v3i2.2574

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menjelaskan pengaruh pelatihan terhadap profesionalitas guru, 2) untuk menjelaskan pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru, dan 3) untuk menjelaskan pengaruh pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang pendidikan ekonomi yang mengajarkan mata pelajaran IPS pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Toraja Utara yaitu sebanyak 132 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian verifikatif dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelatihan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas guru, 2) pengalaman mengajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas guru, dan 3) Pelatihan dan pengalaman mengajar secara silmultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas guru.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Pengalaman mengajar, profesionalitas guru.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 756 times | PDF view : 1597 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ad'ministrare