ASPIRASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR TENTANG WACANA GBHN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI PEMBANGUNAN

A. Aco Agus(1*), Sangkala Ibsik(2), Firman Muin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ja.v3i2.2573

Abstract


Wacana untuk mengembalikan GBHN perlu mendapatkan informasi tanggapan dan aspirasi dari kalangan mahasiswa sebagai warga kampus yang turut berkewajiban dan bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunann nasional Indonesia. Pemasalahan pokok GBNH adalah perlu tidaknya dihidupkan kembali sebagai pedoman dan pola dasar pembangunan nasional Indonesia. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimna kondisi aspirasi mahasiswa FIS UNM tentang wacana dikembalikannya GBHN  sebagai pedoman dan pola dasar pembangunan nasional Indonesia; (2) seberapa besar/tinggi tingkat aspirasi mahasiswa yang mendukung kembalinya GBHN sebagai pedoman dan pola dasar pembangunan. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui kondisi aspirasi mahasiswa tentang wacana kembalinya GBHN; (ii) untuk mendapatkan data tinggi rendahnya aspirasi mahasiswa tentang dikembalikannya GBHN. Penelitian ini menggunakan pendekatan/metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara dan fokus group discussion.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kondisi aspirasi mahasiswa FIS UNM menunjukkan respon yang sangat positif dan kesungguhan hati yang kuat mendukung kembali dihidupkannya GBHN, mahasiswa sangat memahami hakekat tujuan, isi, manfaat dan kelebihan suatu GBHN dan memahami siapa yang selayaknya menyusun, membuat, menetapkan, melaksanakan dan mempertanggung jawabkan GBHN. (ii) tingkat aspirasi mahasiswa dalam kategori sangat tinggi (mencapai 91%) untuk mendukung dikembalikannya GBHN sebagai  pedoman dan pola dasar pembangunan nasional Indonesia.

 

Kata Kunci: Kondisi, Aspirasi, Wacana GBHN


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 215 times | PDF view : 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ad'ministrare



Indexed by:

   

  

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FIS UNM
Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar,
 Call Center: 081343972223, Email: jurnal_administrare@unm.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.