PENGUATAN KAPASITAS GURU DAN KEPALA SEKOLAH SD DI KAB. TAKALAR MELALUI PELATIHAN LESSON STUDY

Asham Bin Jamaluddin(1*), Andi Citra Pratiwi(2), Muhammad Ansarullah S. Tabbu(3), Muliana GH(4), Evi Ristiana(5), Arifah Novia Arifin(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Lesson study merupakan strategi pembinaan profesi guru berkelanjutan berbasis kelas & kolaboratif untuk mengoptimalkan layanan siswa belajar mengenai Lesson Study. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan penguatan dan pemahaman Guru-Guru dan Kepala Sekolah di Kab. Takalar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; a) Observasi; b) Diskusi dan Tanya jawab; c) Tugas Mandiri/Terstruktur; d) Review Tugas; dan e) Konsultasi secara lansung dan online. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru dan kepala sekolah mengenai Lesson Study. Hasil tersebut terlihat dari kegiatan yang berjalan dengan baik dan kondusif serta positifnya respon peserta pelatihan terhadap angket yang diberikan dengan nilai rata-rata 3.35.


Full Text:

PDF

References


Andriani, A., & Aryani, I. K. (2020). Peran Lesson Study dalam Pembinaan Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SD Negeri Karangturi Banyumas. Seminar Nasional Hasil Penenlitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat V Tahun 2020- LPPM Universitas Muhammaiyah Purwokerto, 198–202.

Azmir, S. (2018). Lesson Study Meningkatkan Kreativitas Guru Dan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran. Prosiding SEMNAS Pendidikan Matematika IAIN Ambon, 162–170.

Din, M. (2020). Evaluating university students’ critical thinking ability as reflected in their critical reading skill: A study at bachelor level in Pakistan. Thinking Skills and Creativity, 35. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100627

Erna, M., Elfizar, & Dewi, C. A. (2021). The Development of E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook Maker Software Based on Lesson Study to Improve Teacher’s Critical Thinking Ability. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 39–55. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.15679

Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14

Lestari, R., & Afifah, N. (2018). Pengaruh Model Lesson Study Terhadap Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Biologi Universitas Pasir Pengaraian. Bio-Lectura, 5(1), 103–110. https://doi.org/10.31849/bl.v5i1.1015

Long, T., Cummins, J., & Waugh, M. (2016). Use of the flipped classroom instructional model in higher education : instructors ’ perspectives. Journal of Computing in Higher Education. https://doi.org/10.1007/s12528-016-9119-8

Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Workshop Dan Pelatihan Pembelajaran Lesson Studi Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i1.653

Sholikin, S. (2017). Lesson Study In Developing Learning Organization Of Madrasah. Jurnal Diklat Keagamaan, 83–97.

Suardana, I., Luh, N., & Latria, P. (2020). Lesson Study Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Budaya Lokal Di SMP Negeri 2 Seririt. Jurnal Widya Laksana, 9(2), 226–232.

Syafruddin, S. (2015). Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru Melalui Lesson Study Menuju Mutu Pembelajaran Guru. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 43–59. https://doi.org/10.24127/jpf.v3i2.272

Tedjawati, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study: Kasus Di Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 480–489. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.43

Wahyuni, S., Rukmini, D., Fitriati, S. W., Aryani, E. J., & Fisca, G. (2021). Lesson Study: Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Kolegialitas Guru. J-ABDIPAMAS, 5(2), 29–40.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 21 times