Analisis Komparatif Penggunaan 会,能,Dan 可以 Dalam Kalimat Instruktif Bahasa Mandarin

Misnawaty Usman(1*), Ernawati Ernawati(2), Himaya Praptami Adys(3), Muawal Al As'Ary(4), Alya Fatwa Dzulhijjah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v5i1.74404

Abstract


Penggunaan kata kerja bantu 会(huì), 能(néng), dan 可以(kěyǐ) dalam kalimat instruksibahasa Mandarin dibandingkan dalam penelitian ini secara komparatif. Kata kerja iniumumnya diterjemahkan sebagai “dapat” atau “memungkinkan” dalam bahasa Inggris.Fungsi dan konteks pernyataan menentukan bagaimana kata kerja tersebut digunakan,meskipun semuanya memiliki makna yang sama. Sementara 能menekankan kapasitassituasional atau fisik, 可以lebih umum digunakan untuk menyampaikan izin atau potensi,dan 会digunakan untuk menyampaikan kemampuan yang diperoleh melalui pendidikan.Penelitian ini meneliti penggunaan ketiga istilah tersebut dalam ekspresi imperatif,undangan, larangan, dan izin dan bagaimana konteks sosial dan pragmatis memengaruhipilihan kata. Penggunaan ketiga istilah yang bervariasi dalam komunikasi instruksional lebihdipahami oleh pelajar bahasa Mandarin melalui temuan ini. Diharapkan bahwa temuanpenelitian ini akan meningkatkan teknik pembelajaran bahasa Mandarin dan meningkatkanpemahaman siswa tentang penggunaan yang tepat dalam situasi yang tepat.Kata Kunci: Kata Kerja Bantu, Kalimat Instruktif, 会(huì),能 (néng),可以 (kěyǐ)

Full Text:

PDF

References


Adhimas, Y. B., Kusumaningtyas, D. N. C. S., & Zuliana, Z. D. A. (2023). Penguasaan Kata

会, 能, 可 以 Mahasiswa Prodi Tiongkok Unpad Dan Analisis Realitas.

Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 11(2), 294-310.

Agung, F. L. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan 会, 能, 可以 Yang Dilakukan Oleh

Mahasiswa Indonesia Universitas Yangzhou Dan Mahasiswa Indonesia Prodi

Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra. Century: Journal of Chinese

Language, Literature and Culture, 9(2), 1-10.

Apriliana, G., Sukma, I., Aryana, M., & Maharani, N. (2024). Pengaruh pemerolehan

bahasa pertama dan kedua anak terhadap kesalahan berbahasa tingkat fonologI.

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 609-616.

Arujie, M. R., & FANANI, U. Z. (2018). Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan “最后”

zuìhòu dan “终于” zhōngyú pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya. Jurnal

Bahasa Mandarin, 2(2).

Fauziyah, Y. N. (2016). Kesalahan Penggunaan Kata Ganti “各” dan “每” dalam

Kalimat Bahasa Mandarin pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin

Kelas 2013 B UNESA.

Harsaranti, R. A., & Wibisono, G. (2020). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA 另

(lìng) DAN 另 外 (lìngwài) DALAM STRUKTUR KALIMAT BAHASA

MANDARIN MAHASISWA ANGKATAN 2019 PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI

SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 4(2).

Hidayatullah, R. (2021). Peran Konteks dalam Studi Makna: Kajian Semantik Arab.

JILSA (Jurnal Ilmu Linguistik Dan Sastra Arab), 5(2), 184-197.

Hutabarat, L., & Mintowati, M. (2023). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA 但是

dànshì, 不过 bùguò, 可是 kěshì DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN

PADA MAHASISWA ANGKATAN 2021 PRODI PENDIDIKAN BAHASA

MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Bahasa

Mandarin, 6(1), 272-279.

Ina, I., Khiong, B. Y., & Afrimonika, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Mandarin

Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin.

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(1), 92-101.

KAMILIA, A. R., & Subandi, S. (2020). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN

KATA 差不多 chàbùduō DAN 左右 zuǒyòu PADA SISWA KELAS XI OTKP 2

SMK PGRI 13 SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 4(2).

Nugraheni, R. (2016). KESALAHAN PENGGUNAAN “刚 “dan” 刚 才 “DALAM

KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI

S1 PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI

SURABAYAANGKATAN 2013. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01).

Nuha, N. U. (2016,January). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Bantu 会 huì,能

néng Dan 可 以 Kěyǐ Pada Mahasiswa Semester Iii Sastra Cina Universitas

Brawijaya.

Rani, A. R., & Mintowati, M. (2020). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA

PENGHUBUNG “不 管” BÙGUǍN DAN “尽 管” JǏNGUǍN DALAM

KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2019

PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI

SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 4(2).

Rohmawati, Y. D., & Mintowati, M. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA

PENGHUBUNG 因 为 (yīnwèi) DAN 既 然 (jìrán) DALAM KALIMAT

BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN

SASTRA MANDARIN ANGKATAN 2019 UNESA. Jurnal Bahasa

Mandarin, 5(2)

Sakti, K. F. L. (2021). Pelatihan HSK Sebagai Upaya Meningkatkan Kemahiran Berbahasa

Mandarin Bagi Guru-Guru Bahasa Mandarin Se-Malang Raya. SELAPARANG:

Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 240-243.

Suwono, E. V., & Amri, M. (2020). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA 觉得 (juéde)

DAN 感 觉 (gǎnjué) PADA MAHASISWA ANGKATAN 2018 PROGRAM

STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI

SURABAYA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Bahasa Mandarin, 4(2).


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Misnawaty Usman, Ernawati Ernawati, Himaya Praptami Adys, Muawal Al As'Ary, Alya Fatwa Dzulhijjah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.