PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS VII SMP BUDI KASIH MAKASSAR

A. Thalya Tirsyah(1*), Syukur Saud(2), Mir'ah Azizah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v5i1.72315

Abstract


Dalam era globalisasi, pembelajaran bahasa asing, terutama penguasaan bahasa Mandarin, menjadi semakin penting, dan kekurangan kosakata dapat membatasi perkembangan kemampuan bahasa. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas tujuh di SMP Budi Kasih Makassar. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest, dengan 33 siswa yang berpartisipasi. Hasilnya menunjukkan bahwa setelah menggunakan Wordwall, penguasaan kosakata siswa meningkat secara signifikan, dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 69 dan post-test sebesar 79,61, dengan nilai t hitung sebesar 9,178 pada tingkat signifikansi 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Wordwall dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin.

 

Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Media Wordwall, Pembelajaran Bahasa Mandarin.


Full Text:

PDF

References


Fisher, R., & Frey, N. (2018). Word Walls: A Support for Literacy in Secondary School Classrooms. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 91(2), 57-62.

Gandasari, Prisman dan Puri, Pramudiani. “Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap MotivasiBelajar IPA Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Edukatif Vol. 3 No. 6. 2021.

Husna, A. A., Ina, I., & Afrimonika, Y. (2022). Penggunaan Wordwall dalam Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa SMP Negeri 17. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(12).

Idrus, N. W., Yulianti, D., & Suparman, U. (2021). Pemanfaatan media Wordwall dalam peningkatan perbendaharaan kosakata (vocabulary) pada pembelajaran bahasa Inggris. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra, 22(2), 376-387. DOI: 10.23960/aksara/v22i2.pp376-387.

Semita, Muryani J. 2022. The Guidebook Of Learning Mandarin Conversation For Modern People. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia

Syafa’atus Susanti, S., & Tri Wedawati, M. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Wordwall dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Kelas X SMAN 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(2).

Syahrir, N. S. (2023). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Melalui Media Aplikasi Chinese Skill. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 3(3), 82-87.

Tarigan, H. G. (1993). Pengajaran kosakata. Angkasa Bandung

Wardani, W. (2016). Keefektifan Penggunaan Media Permainan Wordwall terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X SMA GIKI 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01).

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928-3936.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 A. Thalya Tirsyah, Syukur Saud, Mir'ah Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.