PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS VII SMP BUDI KASIH MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v5i1.72315
Abstract
Dalam era globalisasi, pembelajaran bahasa asing, terutama penguasaan bahasa Mandarin, menjadi semakin penting, dan kekurangan kosakata dapat membatasi perkembangan kemampuan bahasa. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas tujuh di SMP Budi Kasih Makassar. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest, dengan 33 siswa yang berpartisipasi. Hasilnya menunjukkan bahwa setelah menggunakan Wordwall, penguasaan kosakata siswa meningkat secara signifikan, dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 69 dan post-test sebesar 79,61, dengan nilai t hitung sebesar 9,178 pada tingkat signifikansi 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Wordwall dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin.
Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Media Wordwall, Pembelajaran Bahasa Mandarin.
Full Text:
PDFReferences
Fisher, R., & Frey, N. (2018). Word Walls: A Support for Literacy in Secondary School Classrooms. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 91(2), 57-62.
Gandasari, Prisman dan Puri, Pramudiani. “Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap MotivasiBelajar IPA Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Edukatif Vol. 3 No. 6. 2021.
Husna, A. A., Ina, I., & Afrimonika, Y. (2022). Penggunaan Wordwall dalam Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa SMP Negeri 17. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(12).
Idrus, N. W., Yulianti, D., & Suparman, U. (2021). Pemanfaatan media Wordwall dalam peningkatan perbendaharaan kosakata (vocabulary) pada pembelajaran bahasa Inggris. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra, 22(2), 376-387. DOI: 10.23960/aksara/v22i2.pp376-387.
Semita, Muryani J. 2022. The Guidebook Of Learning Mandarin Conversation For Modern People. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia
Syafa’atus Susanti, S., & Tri Wedawati, M. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Wordwall dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Kelas X SMAN 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(2).
Syahrir, N. S. (2023). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Melalui Media Aplikasi Chinese Skill. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 3(3), 82-87.
Tarigan, H. G. (1993). Pengajaran kosakata. Angkasa Bandung
Wardani, W. (2016). Keefektifan Penggunaan Media Permainan Wordwall terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X SMA GIKI 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(01).
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928-3936.
Article Metrics
Abstract view : 24 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 A. Thalya Tirsyah, Syukur Saud, Mir'ah Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id Contact: +6281354525821
