Peningkatan Motivasi Pembelajaran Berbicara Bahasa Mandarin Dasar Menggunakan Media Video Youtube Oleh Mahasiswa Angkatan 2022 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Nirdayanti Mustarih(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v3i1.46066

Abstract


ABSTRACT

 

This research aims to improve basic Chinese learning in speaking skills of 2022 students of Chinese Language Education Study Program at Universitas Negeri Makassar by using Youtube for increasing learning motivation for students by watching the Chinese Speaking learning videos that have been uploaded before. Subjects in this research is 38 students, the research instrument used was Chinese language speaking test form and survey sheet. Data analysis techniques in this study used qualitative and quantitative. The result of the study show that with the addition of video learning media that can be accessed on Youtube by the students easily, it can foster students motivation and results of learning basic Chinese speaking after watching the learning videos.

 

Keyword: learning motivation, speaking, Chinese language, learning video.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menumbuhkan keingingan belajar dan kemampuan Berbicara Bahasa Mandarin dasar bagi mahasiswa Angkatan 2022 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Makassar dengan menggunakan Youtube sebagai sarana peningkatan motivasi belajar bagi mahasiswa dengan menyaksikan video pembelajaran Berbicara Bahasa Mandarin yang telah diunggah sebelumnya. Terdapat 38 orang Mahasiswa sebagai subjek dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes dalam bentuk kuis berbicara Bahasa Mandarin dan lembar survey. Teknik analisis data dalam penelitian ini meggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya tambahan media pembelajaran video yang dapat diakses pada youtube oleh mahasiswa, dapat menumbuhkan motivasi serta keterampilan berbicara Bahasa Mandarin dasar mahasiswa Angkatan 2022 PBM UNM. Haal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan keinginan dan hasil belajar berbicara Bahasa Mandarin dasar setelah menyaksikan video pembelajaran yang telah diunggah.

 

Kata Kunci: motivasi belajar, berbicara, bahasa mandarin, video pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuhri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakira Media Press.

Suryana. 2010. Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Abubakar, Raifa’i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Shair, Syafrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian. Bojonegoro: KBM Indonesia.

Fatin, A.N. Dalle, A & Azizah, M. 2023. Penggunaan Media Lagu Dalam Peningkatan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas VII SMP Tunas Bangsa, Volume 3 Nomor 1, halaman 346 – 359.

Syah, I.N.M.I. Saleh, N. Junaeny, A. 2023. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Melalui Metode Pembelajaran Langsung (Direct Method) Siswa Kelas X SMA Celebes Global School Makassar. Volume 3 Nomor 1, halaman 381-390.

Adys, H.P. Adys, H.P. Usman, M. 2023. Keyakinan Guru Dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Kharisma Makassar. Volume 3 Nomor 1, halaman 336-345


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nirdayanti Mustarih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected]  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.