Penggunaan Media Lagu dalam Peningkatan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas VIII SMP Tunas Bangsa Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v3i1.45389
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus yang bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas VIII SMP Tunas Bangsa Makassar melalui penggunaan media lagu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Bangsa Makassar yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes penguasaan kosakata siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes penguasaan kosakata yang diperoleh adalah 86% dengan predikat baik pada siklus I dan meningkat menjadi 97% dengan predikat sangat baik pada siklus II. Hasil tes penguasaan kosakata meningkat sebesar 11%.
Kata Kunci: Lagu, Media, Kosakata, Bahasa Mandarin.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Eriyani, E. (2020). Keefektifan Media Lagu dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab
pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bantaeng (Doctoral dissertation, Universitas Negeri
Makassar.
Hapsari, KR. 2009. Trategi Pembelajaran Bahasa Mandarin Dengan Pendekatan Funny
learning (FL) di SMA Negeri 1 Karanganom. Universitas Sebelas Maret. Surakarta Jumaryatun, J. 2014. Penggunaan media lagu sebagai upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis cerpen. BASASTRA, 1(3).
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Manurung, K. 2019. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Materi Family
Melalui Lagu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2019/2020. Murabbi, 2(2).Nurani, A. S. 2017. Pengaruh Media Mystery Bag terhadap Penguasaan Kosakata dan Penyusunan Kalimat Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMAN 1 Cerme Gresik TP 2017/2018.
Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Priliandani, M. 2015. Jago kuasai bahasa Mandarin. Bandung: Pustaka Baru Press. Purwanti, D. 2011. Penggunaan Lagu-Lagu Mandarin Sebagai Media Pembelajaran
Bahasa Mandarin Kelas Tiga di SD Tripusaka Surakarta.
Soemarno, Andi. (1986). Pedoman Khusus Terapi Musik Untuk Anak Tuna Daksa SLB/D.
Jakarta : Depdikbud.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Yogyakarta: PT. Pustaka Insan
Madani.
Suwandi. 1990. Metodologi Penelitian.Jakarta: RAJA GAFINDO PERSADI
Suyanto, Kasihani K.E. 2008. English For Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara
S, Suparman. 2010. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book
Publisher
Tarigan, Guntur H. 1992. Berbicara Sebagai SuatuKetrampilanBerbahasa.Bandung
: Angkasa.
Usman. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
黄伯荣dan 廖序东. 2002.《现代汉语》. 北京: 高等教育出版社
Article Metrics
Abstract view : 326 times | PDF view : 51 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ariqah Nabilah Fatin, Ambo Dalle, Mir'ah Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id Contact: +6281354525821
