Penggunaan Media Lagu dalam Peningkatan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas VIII SMP Tunas Bangsa Makassar

Ariqah Nabilah Fatin(1*), Ambo Dalle(2), Mir'ah Azizah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v3i1.45389

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus yang bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas VIII SMP Tunas Bangsa Makassar melalui penggunaan media lagu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Bangsa Makassar yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes penguasaan kosakata siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes penguasaan kosakata yang diperoleh adalah 86% dengan predikat baik pada siklus I dan meningkat menjadi 97% dengan predikat sangat baik pada siklus II. Hasil tes penguasaan kosakata meningkat sebesar 11%.

Kata Kunci: Lagu, Media, Kosakata, Bahasa Mandarin.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Eriyani, E. (2020). Keefektifan Media Lagu dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab

pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bantaeng (Doctoral dissertation, Universitas Negeri

Makassar.

Hapsari, KR. 2009. Trategi Pembelajaran Bahasa Mandarin Dengan Pendekatan Funny

learning (FL) di SMA Negeri 1 Karanganom. Universitas Sebelas Maret. Surakarta Jumaryatun, J. 2014. Penggunaan media lagu sebagai upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis cerpen. BASASTRA, 1(3).

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Manurung, K. 2019. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Materi Family

Melalui Lagu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2019/2020. Murabbi, 2(2).Nurani, A. S. 2017. Pengaruh Media Mystery Bag terhadap Penguasaan Kosakata dan Penyusunan Kalimat Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMAN 1 Cerme Gresik TP 2017/2018.

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Priliandani, M. 2015. Jago kuasai bahasa Mandarin. Bandung: Pustaka Baru Press. Purwanti, D. 2011. Penggunaan Lagu-Lagu Mandarin Sebagai Media Pembelajaran

Bahasa Mandarin Kelas Tiga di SD Tripusaka Surakarta.

Soemarno, Andi. (1986). Pedoman Khusus Terapi Musik Untuk Anak Tuna Daksa SLB/D.

Jakarta : Depdikbud.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Yogyakarta: PT. Pustaka Insan

Madani.

Suwandi. 1990. Metodologi Penelitian.Jakarta: RAJA GAFINDO PERSADI

Suyanto, Kasihani K.E. 2008. English For Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara

S, Suparman. 2010. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book

Publisher

Tarigan, Guntur H. 1992. Berbicara Sebagai SuatuKetrampilanBerbahasa.Bandung

: Angkasa.

Usman. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

黄伯荣dan 廖序东. 2002.《现代汉语》. 北京: 高等教育出版社


Article Metrics

Abstract view : 326 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ariqah Nabilah Fatin, Ambo Dalle, Mir'ah Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.