Budaya Konsumtif Masyarakat Terhadap Minuman Xing Fu Tang di Kota Medan

Syahpitri Surbakti(1*), Rudiansyah Rudiansyah(2),

(1) Universitas Sumatera Utara
(2) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v2i2.38890

Abstract


The culture of consuming boba drinks has become a trend and lifestyle of the people, especially in Medan city. The emergence of drinks that are considered interesting to taste and the high consumptive spirit of the community are the reasons. Xing Fu Tang is a type of boba drink originating from Taiwan. The purpose of this study is to find out the reason why Xing Fu Tang is one of the trend drinks for the people of Medan. The object of research is the people who live in Medan city. This study utilizes the theory of Johann Heinrichk Lambert related to phenomenology, in order to find out the deepest nature of the phenomena that occur in everyday life. Using qualitative methods, by utilizing library resources, as well as surveys of 30 people who became the object of study. The findings of this study are that the Xing Fu Tang boba drink has become a trending drink of choice for the community, because of its attractive packaging and well-known brand. The boba texture, distinctive taste and aroma are also the reasons why it is easy to accept and demand. So it was found that the Taiwanese drink culture was able to be accepted by the Indonesian people, especially in Medan city, and even became one of the current trend drink choices.

Keyword: xing fu tang; consumer culture; drink; boba; taiwan-indonesia.

 

 

ABSTRAK

Budaya konsumsi minuman boba telah menjadi tren dan gaya hidup masyarakat, khususnya kota Medan. Munculnya minuman yang dianggap menarik untuk dicicipi dan tingginya jiwa konsumtif masyarakat menjadi alasannya. Xing Fu Tang merupakan salah satu jenis minuman boba yang berasal dari Taiwan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui alasan minuman Xing Fu Tang menjadi salah satu minuman tren masyarakat kota Medan. Objek penelitian adalah kalangan masyarakat yang berdomisili di kota Medan. Penelitian ini memanfaatkan teori dari Johann Heinrichk Lambert terkait fenomenologi, demi mengetahui hakikat terdalam dari fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan metode kualitatif, dengan memanfaatkan sumber pustaka, serta survey terhadap 30 masyarakat yang menjadi objek kajian. Temuan dari penelitian ini yaitu, bahwa minuman boba Xing Fu Tang menjadi pilihan minuman tren masyarakat, sebab kemasannya yang menarik, brend yang telah terkenal. Tekstur boba, rasa dan aroma yang khas juga menjadi alasan mudah diterima dan diminati. Sehingga didapati bahwa budaya minuman Taiwan ini mampu diterima oleh masyarakat Indonesai, khususnya kota Medan, bahkan menjadi salah satu pilihan minuman tren masa kini.

Kata Kunci: xing fu tang; budaya konsumtif; minuman; boba; taiwan-indonesia.


Full Text:

PDF

References


ALVIANSYAH, I. (2022). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN XING FU TANG (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Ayu, R. A. I. P. (2020). Pengaruh Sales Promotion terhadap Consumer Loyalty (Studi pada Brand Chatime Indonesia) (Skripsi, Universitas Bakrie).

Annisa, S. Y., & Rudiansyah, R. Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Event Indonesia Building Technology Expo 2019 PT Debindo Jakarta. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 51-67.

Amelia, I, dkk. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Minuman Thai Green Tea. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Ancok, D. 1995. Nuansa Psikologi Pembangunan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Berlin, B. (2020). Peran divisi digital marketing PT Kawan Lama Sejahtera dalam upaya mempertahankan brand loyalty chatime (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).

Devina S. 2019. Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Sales Promotion dan Innovative Brand Experience Terhadap Brand Reputation Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Intervening (Studi pada pengguna Gojek Kota Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Diterjemahkan oleh Budiyanto, Rupa Aksara, Jakarta.

Gandakusumah, B., & Marta, R. F. (2021). Visualisasi Elemen Pembentuk Consumer Brandscape Melalui Oposisi Biner Semiotika Pemasaran Xing Fu Tang (幸福堂) Dan Xi Bo Ba (喜悦). Jurnal Bahasa Rupa, 4(2), 167-176.

Jia, J., Wang, F., Wei, C., Zhou, A., Jia, X., Li, F., ... & Dong, X. (2014). The prevalence of dementia in urban and rural areas of China. Alzheimer's & dementia, 10(1), 1-9.

Khairunisa, A., & Nisa, P. C. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Brand Produk Minuman Boba Xing Fu Tang. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 195-205.

Kusnandar, Viva Budy. Inilah Sebaran Penduduk Miskin di Indonesia 2019. Homepage: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/31/inilahsebaran-penduduk-miskin-di-indonesia-2019.

Nugraha, R., & Wiguna, L. D. (2021). THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, PERCEIVED VALUE, PRICE FAIRNESS, EWOM, AND SATISFACTION TOWARDS REPURCHASE INTENTION AT XING FU TANG. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 7(1), 89-98.

ONG, J., ELROY, S., & JONATHAN, F. (2021). THE EFFECTS OF SERVICE RECOVERY ON CONSUMER SATISFACTION BOBA DRINK XING FU TANG INDONESIA. JURNAL ILMIAH KOHESI, 5(1), 1-8.

Puspayani, S., Jessica, J., & Budiarto, B. (2021). Pengaruh Konten Social Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(8), 4084-4092.

Pradea, K. A. G. (2020). Analisis Deskriptif Electronic Word of Mouth dan Minat Beli pada Produk Minuman Boba (Studi Pada Generasi Millennial Pengguna Instagram) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE).

Saputra, F. F., Tjahjo, J. D. W., & Goenawan, F. (2020). Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Brand Identity “Xing Fu Tang”. Jurnal e-Komunikasi, 8(2).

Slamet, Yulius. 2006. Metode Penelitian Sosial. Surakarta: UNS Press.

Tee, J., Erdiansyah, R., & Aulia, S. (2020). Pengaruh Word Of Mouth dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang di Indonesia. Prologia, 4(1), 18-24.

Tinambunan, E. C., Syahra, A. F., & Hasibuan, N. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Milenial Terhadap Boba vs Kopi di Kota Medan. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 80-86.

Sumber Internet :

https://www.xingfutang.co.id/about


Article Metrics

Abstract view : 209 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syahpitri Surbakti, Rudiansyah Rudiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.